Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hidup Sehat, News 10 Kebiasaan Penyebab Penyakit Jantung

10 Kebiasaan Penyebab Penyakit Jantung

Terlalu banyak duduk di depan televisi tidak baik bagi kesehatan.

Sketsanews.com, Jakarta – Tahukah Anda bahwa kebiasaan sehari-hari yang sederhana bisa saja menyebabkan penyakit kardiovaskular? Ahli jantung dan dokter umum mengatakan bahwa beberapa kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya, sebenarnya memiliki efek mendalam pada jantung.

Penyakit jantung bisa saja timbul bukan hanya disebabkan karena merokok, namun kurangnya olahraga bisa menimbulkan penyakit pada kardiovaskular. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kebiasaan apa saja yang bisa menyebabkan penyakit jantung, dilansir dari laman Times of India, Senin (15/1).

Tidur tidak begitu penting
Tidur tanpa adanya gangguan sangat penting. Dr S Ramnathan Iyer, konsultan obat tidur mengatakan, “Ada kaitan langsung antara tidur dan kesehatan jantung. Pasien OSA (obstructive sleep apnea) cenderung mengalami tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Sebenarnya disarankan untuk mengevaluasi pasien tekanan darah tinggi, angina, serangan jantung, gagal jantung untuk OSA,” kata dia.

Seorang pendengkur
Mendengkur dapat menyebabkan kondisi yang disebut OSA. “OSA adalah ketika otot tenggorokan yang santai menghalangi jalan napas berkali-kali selama malam merampas oksigen tubuh Anda. Dalam jangka panjang, mendengkur dan OSA dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung dan bahkan stroke,” ungkap DR Iyer.

Sering duduk menonton TV
Sering duduk untuk menonton televisi setiap hari lebih buruk daripada merokok, klaim periset. Para ahli mengatakan bahwa bangun dan bergerak setiap 30 menit, sangat penting karena tidak peduli berapa lama dan seberapa banyak Anda berolahraga, duduk di satu tempat untuk waktu yang lama adalah buruk bagi jantung, dan merupakan faktor risiko kematian dini.

Tekanan kerja
Ahli jantung intervensi senior, Dr Nilesh Gautam mengatakan, “Mengatasi stres Anda. Tekanan jangka panjang menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah yang dapat merusak dinding arteri. Teknik manajemen stres kerja bermanfaat bagi tubuh dan kualitas hidup Anda. latihan dan cari waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai.”

Tidak bisa makan tanpa menggunakan garam meja
Ahli jantung senior Dr Santosh Kumar Dora mengatakan, “Sodium mempertahankan air, sodium yang sangat tinggi dalam darah akan mempertahankan air dan meningkatkan volume darah. Hal ini membuat stres pada jantung dan dapat menyebabkan gagal jantung. Gagal jantung adalah ketika jantung tidak dapat memompa cukup darah sesuai kebutuhan tubuh.”

Tidak terlalu peduli dengan diet
Diet Anda memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Makanlah berbagai macam buah dan sayuran, biji-bijian, produk susu rendah lemak, unggas tanpa kulit, kacang-kacangan dan kacang-kacangan minyak nabati non-tropis. Batasi asupan lemak jenuh dan lemak trans dan gantilah dengan lemak yang lebih baik, tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Kesehatan mulut
Studi mengatakan bahwa kesehatan gusi sangat penting dalam hal menjaga kesehatan jantung Anda. Dokter gigi Dr Elakshi Morey Gupta mengatakan, “Flora bakteri rongga mulut memainkan peran penting untuk kesehatan sistemik. Ada banyak penyakit yang berasal dari jalur oral Jika infeksi pada gigi menyebar dan memasuki ruang submandibular atau ruang fascial yang ada di leher, Hal itu bisa menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa juga,” ujar Gupta.

Tekanan darah dan kolesterol
Jika Anda umumnya dalam suasana hati yang baik, jangan merokok, berolahraga secara teratur, Anda mungkin akan kehilangan tanda peringatan kesehatan jantung. Namun banyak yang tidak mengetahui tekanan darah atau kadar kolesterol, adalah faktor risiko yang bisa menyebabkan serangan jantung.

Tidak suka teh dan menghindari kopi
Periset menemukan bahwa minum teh secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi secara teratur memiliki efek netral terhadap penumpukan kalsium di arteri jantung.

Tangan tidak dicuci dengan bersih
Ada akumulasi bakteri jika tangan tidak dicuci bersih. Dan ini menetap pada makanan yang dimakan, kemudian mempengaruhi kesehatan umum dan kesehatan jantung juga. Dikutip dari Republika.

(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: