Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Bukan Koper Biasa, Ini Senjata Andalan Paspampres Lindungi Jokowi

Bukan Koper Biasa, Ini Senjata Andalan Paspampres Lindungi Jokowi

paspam

sketsanews.com – Sekilas, koper ini nampak seperti koper lainnya yang dipakai para pekerja kantoran. Tapi jika dibuka, siapa yang bakal menyangka bila di dalamnya ternyata berisi senjata otomatis.

Bak di film James Bond, pasukan pengawal dengan setelan jas dapat menembak dari koper kecil ini. Di dalamnya berisi senjata jenis MP5K lengkap dengan pelurunya. Untuk menembak, cukup menekan tombol yang terpasang di bagian gagang.

Ya, inilah koper khusus yang dibuat perusahaan senjata asal Jerman, Heckler & Koch. Koper ini diperuntukkan bagi pasukan untuk memberikan perlindungan terhadap kepala negara maupun tamu very-very important person (VVIP) dan very important person (VIP).

pas1

beberapa kali kami melihat Paspampres bersiaga mengawasi keamanan sambil menenteng kopor semacam ini. Jari telunjuk mereka siap menekan picu di gagang koper.

Jika ada yang membahayakan, tinggal mengarahkan koper ke arah target dan menekan picu. Berondongan peluru kaliber 9 mm bakal melumpuhkan musuh.

Koper khusus ini dibuat dari bahan polimer padat dan kotak alumunium dengan plastik sebagai penutupnya. Koper ini memiliki ukuran sebesar 20x15x5 inchi. Tak jauh beda dengan koper pada umumnya.

pas2

Di pasaran, koper ini dijual dalam kisaran Rp 39 juta (dengan nilai tukar USD 1 senilai Rp 13.164), atau membeli harga bekas di kisaran Rp 19 juta.

Namun beberapa kelemahan antara lain soal akurasi. Penembak hanya mengandalkan feeling saat menembak karena tak bisa membidik. Selain itu tentu butuh waktu untuk mengisi ulang magasen karena harus membuka koper dan membongkar senapan dari dudukannya.

Tak cuma Paspampres, koper berisi senapan MP5K ini juga digunakan oleh para pasukan pengawal VIP di berbagai belahan dunia.

 

sumber : merdeka.com

%d blogger menyukai ini: