Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Israel-Arab Saudi Terungkap Kerja Sama Jatuhkan Iran

Israel-Arab Saudi Terungkap Kerja Sama Jatuhkan Iran

israel-arab-saudi-terungkap-kerja-sama-jatuhkan-iran-ilustrasi-sketsanewsSketsanews.com – Hubungan Arab Saudi dan Israel memang diketahui sangat tidak harmonis, akibat perbedaan pandangan mengenai Palestina. Namun, jika ada satu hal yang bisa membuat Israel-Arab Saudi bersatu, itu adalah kebencian terhadap Iran.

Menurut seorang pensiunan militer Arab Saudi, Jendral Anwar Majed Eshki, Israel dan Arab Saudi memiliki satu kesamaan, yakni sama-sama ingin menjatuhkan Iran.

Eshki mengatakan, diam-diam Saudi dan Israel kerap kali melakukan pertemuan. Pembahasan dalam pertemuan itu mengungkap bagaimana cara menghadang dan menghapus pengaruh Iran di Timur Tengah.

Kedua negara memiliki pandangan yang sama tentang Iran. Israel dan Arab Saudi meyakini bahwa Iran merupakan sebuah negara yang agresif, dan kerap kali terlibat dalam aksi terorisme.

Senada dengan Eshki, pensiunan militer Israel, Shimon Shapira mengatakan, Israel dan Saudi sudah cukup lama menjalin kerja sama untuk menjegal perkembangan Iran.

“Kami menemukan bahwa Israel dan Arab Saudi memiliki masalah serta tantangan yang sama dengan beberapa jawaban yang sama. Kedua negara telah mempertimbangkan strategi politik, ekonomi, dan bagaimana cara terbaik untuk menghambat kegiatan regional Iran,” ujar Shimon, seperti dikutip Sputnik, Sabtu (6/6/2015).

Kecurigaan tentang hubungan kedua negara tersebut sejatinya sudah muncul beberapa tahun silam. WikiLeaks pada 2010 sempat mengeluarkan laporan yang menyebutkan bahwa kedua negara telah melakukan kerja sama untuk menghadang Iran.

Sumber : www.okezone.com

%d blogger menyukai ini: