Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Fadli Zon Tuding Pemerintah Tak Sensitif Hadapi Pelemahan Rupiah

Fadli Zon Tuding Pemerintah Tak Sensitif Hadapi Pelemahan Rupiah

download

Fadli Zon

Sketsanews.com – Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla dituding tak sensitif menghadapi melemahnya nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat yang mencapai Rp 13 ribu.

“Jadi harusnya pemerintah sekarang ini mempunyai sense kedaruratan. Kalau tidak ada rasa kedaruratan akan bisa dikagetkan dengan situasi dadakan,” kata Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Yogyakarta, Minggu (7/6/2015).

Fadli mengaku sudah berkeliling ke setiap daerah. Ia melihat banyak masyarakat merasakan ekonomi semakin sulit. ‎”Saya kira banyak keluhan dari semua sektor ekonomi terjadi penurunan produksi di bidang apa saja,” ujarnya.

Menurut dia, kondisi tersebut sangat memprihatinkan di tengah melemahnya rupiah. Pelemahan rupiah bisa diatasi lewat ekspor barang, tapi sulit dilakukan. Karena industri dalam negeri membutuhkan komponen impor.

‎”Jadi harus impor dulu baru ekspor. Yang ada akan terjadi kebangkrutan di banyak pabrik-pabrik kalau tidak ada terobosan pemerintah di bidang ekonomi dalam waktu dekat‎,” ungkap politikus Partai Gerindra itu.

Fadli menilai persoalan pelemahan rupiah merupakan persoalan serius. Ia meminta pemerintah harus segera mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut. Apalagi, masyarakat akan segera memasuki bulan Ramadan.

“Kemudian nanti akan ada faktor-faktor eksternal termasuk kenaikan suku bunga, kalau ini terjadi bisa efek penularannya cepat sekali,” tutur Fadli.

 

Sumber : www.tribunnews.com

%d blogger menyukai ini: