Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News, Tekno-Sains Tips Menghindari Cyber Crime

Tips Menghindari Cyber Crime

Africa-China-Russia-Cybercrime-ilustrasi-sketsanewsSketsanews.com – Menyambut datangnya bulan suci Ramadan, Radio lokal Alfina FM Pemalang bekerjasama dengan grombyangOS team, menggelar acara seminar Cyber Crime dengan tema Penaggulangan Kejahatan di Dunia Maya, di ruang radio Alfina Fm, Pemalang Jawa Tengah.

Wakil Ketua, GrombyanOS team Pemalang, Jordan Andrean menyampaikan, masyarakat harus berupaya berhati-hati saat menggunakan kemajuan teknologi. “Lantas bagaimana caranya? Tidaklah diperlukan keahlian khusus untuk membuat anda merasa nyaman dan aman ketika online di dunia maya,” kata Jordan kepada ROL, Rabu (17/6)

Jordan memberikan tips menghindari kejahatan di dunia maya, pertama yakni melindungi Komputer. “Entah itu perlindungan data atau perlindungan akses, supaya orang lain tidak sembarangan memakai dan melakukan sesuatu hal yang tidak kita sukai. Kata Jordan yang juga sebagai pembicara seminar tersebut.

Setelah itu, upayakan menggunakan software resmi pada computer/leptop. Pasalnya, banyak malware yang di sisipi aplikasi bajakan. Oleh sebab itu, Jordan menganjurkan untuk migrasi ke open source yang aplikasinya gratis dan terhindar dari malware maupun spyware.

Lindungi data pribadi dengan seminimal mungkin berbagi informasi pribadi kedunia maya. Jika akan berbagi informasi, bagilah ke pihak/orang yang benar-benar dapat dipercaya dan selalu cari informasi supaya apa yang kita lakukan tetap safety.

Dengan semakin pesatnya teknologi, mau tidak mau Cyber Crime semakin berkembang. Hal tersebut jangan menyusutkan niat untuk tetap belajar dan berbagi supaya dapat menangani masalah Cyber Crime dan berupaya menghindari Cyber Crime yang semakin meluas.

Sumber : www.repubika.co.id

%d blogger menyukai ini: