Sketsa News
Home Berita Terkini, News Polri: Tiga Warga Lampung Masuk ISIS Atas Keinginan Pribadi

Polri: Tiga Warga Lampung Masuk ISIS Atas Keinginan Pribadi

anton11
Sketsanews – Rencana tiga warga Abung Semuli, Lampung Timur untuk bergabung dengan ISIS merupakan niatan pribadi.

“‎Mereka mengakui mau gabung dengan ISIS, mau berjuang jihat bersama ISIS tapi itu kan salah. Itu keinginan pribadi mereka,” ujar
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Anton CharliyanS, kepada Wartawan, selasa (23/06/2015) di Mabes Polri.

Dari hasil pemeriksaan tim Densus 88 Mabes Polri, diungkapkan Anton, diketahhui dana yang mereka gunakan untuk hijrah ke Turki lalu menyebrang ke Suriah bergabung dengan ISIS, merupakan dana pribadi.

Anton menambahkan, setelah diperiksa Densus 88, ketiga warga itu sudah dilepaskan dan dikembalikan ke keluarganya. Mereka dilepaskan karena tidak terindikasi melakukan pidana. ‎Meski dilepas, mereka tetap diawasi.

“‎Sampai sekarang tetap diawasi dengan ketat. Mereka sudah diserahkan ke Depsos karena belum ada indikasi pidana yang dilakukan oleh mereka,” tutur Anton.

Ketiga warga Lampung Timur yang masih satu keluarga itu, yakni Trimanto Sarimin Warkam (29) dan istrinya Sofiatun Umiyati (35) , serta ibunya bernama Kasiati Warkam (50). Mereka pergi ke Turki pada tanggal 3 Juni 2015.

Ketiganya diketahui berangkat dari Jakarta pada tanggal 3 Juni 2015 dengan menggunakan penerbangan pesawat Turkey Airline menuju Ankara.

Di ibu kota Turki tersebut, ketiga orang ini sempat menginap selama satu minggu. Kemudian, ketiganya diketahui bersiap berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Pada saat hendak berangkat itulah ketiganya tertangkap oleh aparat keamanan Turki dalam sebuah razia keamanan.

Dalam pemeriksaan intensif, Trimanto akhirnya mengakui bahwa keberangkatannya ke Turki menuju Syria adalah untuk bergabung dengan ISIS. Pihak keamanan Turki akhirnya mendeportasi ketiga warga Lampung tersebut.
Sumber: wwww.rimanews.com

%d blogger menyukai ini: