Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Google Pasang Alat Sadap di Komputer Pengguna Tanpa Izin

Google Pasang Alat Sadap di Komputer Pengguna Tanpa Izin

google-sketsanews

Sketsanews.com – Developer open source dan aktivis isu privasi (Privacy campaigners) mengungkap bahwa Google diam-diam memasang software yang dapat mendengarkan percakapan pengguna. Software tersebut bisa menguping pembicaraan yang terjadi di depan komputer pengguna.

Dilansir Theguardian, Rabu (24/6/2015), developer open source pertama kali menemukan bahwa salah satu software, Chromium browser yang berbasis open source dari Google dapat meng-install kode pengintai audio dari jarak jauh. Alat pengintai audio itu bisa mendengarkan pembicaraan pengguna.

Kode ini didesain untuk mendukung fitur Chrome baru, ‘Ok, Google’ yang memungkinkan perangkat dapat merespon ucapan pengguna. Saat kode pengintai audio ini terpasang, beberapa pengguna mengatakan, tools tersebut bisa aktif secara otomatis tanpa izin pengguna.

Rick Falkvinge, pendiri Pirate Party dalam posting-an di blog mengatakan, kode Google mengunduh sebuah kode ‘black box’ yang bisa menyalakan mikrofon serta secara aktif mendengarkan ruangan Anda. Dengan demikian, komputer pengguna bisa mengirimkan informasi dari percakapan kepada seseorang atau perusahaan swasta di negara lain.

Fitur ini terpasang secara default, sebagi bagian dari browser Chrome Google. Developer pendukung open source mencari tahu tentang tools tersebut, yang dapat terpasang pada Chromium.

Dianggap janggal karena kode itu bisa bergungsi seperti ‘black box‘ atau alat yang dapat memberikan informasi kepada pihak tertentu. “Kami tidak tahu dan tidak bisa tahu apa yang dilakukan ‘black box‘ ini,” tambah Falkvinge.

 

Sumber : www.okezone.com

%d blogger menyukai ini: