Sketsa News
Home Berita Terkini, News BNPT Siapkan Penjara Khusus Teroris

BNPT Siapkan Penjara Khusus Teroris

302207_polisi-memasang-baliho-para-teroris-poso-di-pemukiman-warga--selasa--17-3-2015-_663_382

Sketsanews.com – Rabu (8/7/2015), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tengah menyiapkan penjara khusus bagi teroris. Sebanyak 48 sel tengah disediakan di Sentul, Jawa Barat. Kepala BNPT Saud Usman dalam peluncuran buku cendekiawan Mesir tentang Kelompok Jihadis dan Islamis, di Century Park Hotel mengatakan, “Masih dibicarakan dengan Kemenkumham dan pihak terkait.” Dikutip dari www.vivanews.co.id.

Beberapa hal yang masih didiskusikan antara lain terkait kriteria teroris, sumber pendanaan, serta siapa penjaga lapas tersebut.

Saud menegaskan, Indonesia dianggap berhasil oleh berbagai negara dalam penanganan terorisme. Bahkan sebagai rujukan penanganan terorisme yang digagas melalui program deradikalisasi. “Mereka ingin bertukar pikiran dengan kita mengenai deradikalisasi,” kata Saud.

Selama ini, jumlah tahanan terorisme sebanyak 246 yang tersebar di 28 lapas di 11 provinsi. Adapun yang sudah bebas dari hukuman berjumlah 400 orang. “Yang sudah keluar penjara yang harus diperhatikan. Mereka tak punya kerjaan. Harus dicarikan.”

Data yang dihimpun pemerintah menyebut 514 WNI bergabung dengan ISIS. Kelompok pimpinan Abu Bakar Al-Baghdadi itu dianggap menjanjikan kesejahteraan bagi WNI yang bergabung dengan ISIS. Mereka yang tertarik bahkan rela menjual hartanya demi bisa pergi ke wilayah yang dikuasai ISIS di Suriah dan Irak.(Su).

%d blogger menyukai ini: