Sketsa News
Home Berita Terkini, News Tingkat Keamanan Kapal Penumpang Rendah, Dishub Ancam Tarik SKK

Tingkat Keamanan Kapal Penumpang Rendah, Dishub Ancam Tarik SKK

pondokbatikkyto.wordpres
Sketsanews.com – Sabtu (11/7/2015), menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah, diperkirakan aktivitas jalur mudik menggunakan angkutan sungai juga akan meningkat. Sayangnya, transportasi air ini rupanya banyak yang tidak memiliki tingkat keamanan (safety) yang memadai.

“Kami akan tarik SKK (Surat Keterangan Kecakapan), jika pengusaha angkutan ini mengabaikan arahan dan sosialisasi keselamatan dalam keberangkatan, termasuk jika berangkat dalam keadaan bermuatan lebih,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang Masripin Toyib didampingi Kepala Bidang Hubungan Laut dan Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Dishub Palembang Syarifuddin.

Kepada sripoku.com, Masripin menjelaskan, selama ini pihaknya masih melakukan penindakan dalam upaya pembinaan sehingga belum mendapat efek jera bagi pelaku usaha yang nakal. Untuk kelengkapan keamanan sudah diberikan cuma-cuma, tetapi dengan berbagai alasan alat keselamatan itu tidak digunakan. “Seperti life jacket yang menjadi pelampung keselamatan penumpang, padahal sudah dibagikan kepada pengusaha angkutan untuk dipakai penumpang. Namun, dengan berbagai alasan penumpang tidak mau pakai, karena menganggap sudah bisa berenang,” ucapnya.

Selain tidak mau menggunakan pelampung, pengusaha juga berdalih pelampung yang digunakan hilang, atau bahkan tidak diketahui keberadaan karena hanyut dan sebagiannya. “Padahal, keselamatan ABK (Anak Buah Kapal) dan nakhoda hal paling utama. Bagaimana bisa menolong penumpang, kalau mereka sendiri tidak selamat,” tuturnya.(Su).

%d blogger menyukai ini: