Sketsa News
Home Berita Terkini, News Begini Peta Kelompok Teroris di Indonesia

Begini Peta Kelompok Teroris di Indonesia

wartakota
Sketsanews.com – Sabtu (11/7/2015), Dua bom menghentak 2 Mall dalam waktu dekat, yakni di ITC Depok dan Mall Alam Sutera. Polisi Menduga pelakunya adalah kelompok pecahan Negara Islam Indonesia (NII).

Inspektur Jenderal Tito Karnavian, Kapolda Metro Jaya, menceritakan soal peta jaringan teroris itu kepada wartawan wartakota.com di Polda Metro Jaya. Dia paham betul, sebab dulu pernah menjabat Kepala Densus 88 tahun 2004 – 2009.

Tito menceritakan, cikal bakal kelompok radikal di Indonesia adalah Darul Islam. Darul Islam, ucap Tito, kemudian terpecah menjadi JI dan NII (Negara Islam Indonesia) yang kemudian terpecah lagi menjadi beberapa bagian kelompok.

Kelompok radikal ini masih terpecah lagi, diantaranya adalah Tauhid Wal Jihad. JI setelah kasus bom Bali terpecah lagi menjadi JAT, JAS kemudian beberapa kelompok lain, termasuk JI mainstreem.

Seluruh pecahan kelompok dari JI maupun NII punya pola yang sama dalam menarget sasarannya. “Kelompok JI dan pecahannya cenderung menyasar ikon negara barat. Sedangkan kelompok pecahan NII menyasar masyarakat umum,” tegas Tito.

Sehingga, dari runutan pola kerja JI dan NII saja, Tito sudah tahu siapa pelaku pengebom toilet di ITC Depok dan Mall Alam Sutera. Tito nyaris yakin pelakunya adalah pecahan NII yang masih pemula. Itu dilihat dari target sasarannya yang masyarakat umum. Ditandai dengan bom yang diletakkan di toilet.

Dari analisa Tito sejauh ini belum ditemukan adanya kelompok baru diluar dari ‘gen’ JI dan NII.
Tito menyebut kelompok baru sebagai lonewolf. “Kita tidak pernah menemukan kelompok baru di Indonesia yang disebut lonewolf . Lonewolf adalah kelompok yang tiba-tiba baru sama sekali, belajar dari internet, belum pernah, kecuali kasus di EW restaurant. Tapi itu pun kalau dirunut sama saja kayak kelompok NII,” kata Tito.(Su).

%d blogger menyukai ini: