Sketsa News
Home Berita Terkini, News Jokowi Diimbau Prioritaskan Evaluasi Pertahanan

Jokowi Diimbau Prioritaskan Evaluasi Pertahanan

sumutpos.co
Sketsanews.com – Rabu (8/7/2015), evaluasi sektor pertahanan diharapkan menjadi prioritas Presiden Joko Widodo. Hal ini disebabkan belakangan ini muncul berbagai peristiwa yang mengusik pertahanan Indonesia.

Kemal Pasha Partokusumo‎, Pengamat politik Indexpolitica, menyatakan hal ini akan menjadi penilaian negatif terhadap pertahanan Indonesia. Peristiwa tersebut adalah insiden Hercules jatuh. Kemudian ada juga helikopter Malaysia yang mendarat di wilayah perbatasan NKRI.

Menhan harus menjadi perhatian tersendiri dalam isu pergantian menteri. Jika Jokowi tidak berani untuk mengganti karena alasan politik, maka kompromi yang paling realistis adalah harus memperkuat Menhan dengan wakil Menhan yang professional. “Menhan sudah sepatutnya untuk dievaluasi. Pilihannya Ada dua, Menhan Ryamizard Ryacudu dipertahankan dengan menambah wakil menteri pertahanan yang kuat, atau Menhan diganti dengan mantan panglima TNI, Moeldoko,” imbuhnya, saat dihubungi republika.co.id.

Posisi Wamenhan bisa saja dari professional birokrat, atau dari ahli pertahanan dan akademisi senior yang matang dari kampus dan lembaga riset.‎ Syaratnya, harus menguasai sistem pertahanan dan persoalan keamanan global. Selain itu, posisi Wamenham juga untuk memastikan Implementasi pemenuhan alutista yang dibuat dalam renstra TNI.(Su).

%d blogger menyukai ini: