Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Mantan presiden Brasil diselidiki dalam dugaan korupsi

Mantan presiden Brasil diselidiki dalam dugaan korupsi

en
Sketsanews.com – Kejaksaan Brasil sudah memulai penyelidikan resmi atas dugaan ‘menjual pengaruh’ yang dilakukan mantan Presiden Luiz Ignacio da Silva. Bulan Mei, jaksa di ibu kota Brasilia mengatakan ia sedang mengkaji apakah mantan presiden itu menggunakan secara tidak benar pengaruhnya di luar negeri untuk perusahaan teknologi, Oderbrecht.

Lula Foundation, Juru bicara untuk yayasan milik mantan presiden itu, mengatakan pihaknya selama ini sudah bekerja sama secara menyeluruh. “Kami tenang. Lembaga Lula yakin dengan transpransi dan keabsahan dari kegiatan-kegiatan mantan Presiden Lula,” jelas Jose Chrispiniano kepada media, BBCindonesia.

Menurut kantor kejaksaan, dugaan ‘menjual pengaruh’ itu, terjadi pada masa 2011 hingga 2014, setelah Lula tidak menjabat presiden lagi namun masih memiliki pengaruh yang kuat di Brasil maupun di panggung internasional.

Penyelidikan tersebut ditempuh sebulan setelah pimpinan Oderbrecht -salah satu perusahaan terbesar di Amerika Latin- ditangkap karena terlibat dalam skandal korupsi atas perusahaan minyak negara, Petrobas.(Su).

%d blogger menyukai ini: