Sketsa News
Home Berita Terkini, News Ketua MUI Ini Bilang GIDI Sekte Radikal

Ketua MUI Ini Bilang GIDI Sekte Radikal

jfcc
Sketsanews.com – Sabtu (18/7/2015), radikalisme dan fundamentalisme Gereja Injili Di Indonesia (GIDI), menurut Slamet Effendi Yusuf penyebab insiden perusakan mushola di Tolikara, Papua. Itulah tindakan intoleran umat beragama. “Pemikiran dan sikap yang bersumber dari radikalisme dan fundamentalisme keagamaan dari sekte GIDI melahirkan tindakan yang intoleran dan destruktif bagi kerukuman umat beragama,” ujar Slamet Effendi, teropongsenayan.com.

Slamet yang juga Ketua MUI Bidang Hubungan Antar Agama juga menegaskan penyerangan dan pembakaran tersebut merupakan tindakan yang terencana dan brutal. Hal ini menodai spirit dan tradisi toleransi kehidupan beragama di Indonesia. “Karena tindakan tersebut jelas dan terang inisiator dan pelakunya maka perlu ada langkah yang tegas berupa tindakan hukum terhadap mereka,” papar Slamet yang juga salah satu Ketua PB NU ini.

Menurutnya, mengingat insiden ini tindakan yang bermula dari radikalisme agama maka aparat hukum harus mengusut secara tuntas jaringan sekte ini di seluruh Indonesia. Tujuannya agar tidak membahayakan persatuan dan kesatuan NKRI.

Dia juga menyerukan kepada para pimpinan pemerintahan untuk tidak membuat pernyataan yang memandang sepele peristiwa yang sangat menyakitkan umat Islam. Sebab insiden ini jelas melukai umat Islam. “Jangan mereduksi persoalan ini hanya sebagai persoalan penggunaan speaker dan pembakaran toko. Sebab ini menunjukkan pemimpin pemerintah ini tidak memahami akar permasalahan peristiwa tersebut,” papar Slamet.(Su).

%d blogger menyukai ini: