Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Rusak Citra ISIS, Al-Baghdadi Larang Rilis Video Pemenggalan

Rusak Citra ISIS, Al-Baghdadi Larang Rilis Video Pemenggalan

niposs
Sketsanews.com – Abu Bakr al-Baghdadi, Pemimpin Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), telah melarang organisasi itu mengunggah video eksekusi pemenggalan karena berdampak buruk terhadap citra kelompok tersebut. Dia telah mengirimkan surat ke semua kantor media ISIS dan memerintahkan mereka untuk tidak merilis lagi video-video eksekusi kejam tersebut. Dalam suratnya menyebut keputusan itu diambil untuk menghormati perasaan sesama umat Muslim yang menilai video-video seperti itu terlalu menakutkan untuk anak-anak.
Menurut seorang politisi dan pakar hukum Suriah, Ferid Hisso, memperingatkan dilarangnya rilis video-video eksekusi bukan berarti kekejaman ISIS di wilayah yang dikuasainya juga dihentikan. “Sebaiknya Baghdadi melarang kekejaman yang terjadi di balik layar ketimbang hanya melarang rilis video-video eksekusi,” ujar Hisso, kompas.com.

Sampai saat ini ISIS dikenal kerap mengunggah berbagai video berisi eksekusi mati terhadap orang-orang yang dianggap musuh oleh kelompoknya. Beberapa video eksekusi yang diunggah ISIS antara lain pemenggalan beberapa jurnalis Barat hingga eksekusi mati pilot Jordania, Muath al-Kassasbeh. ISIS juga kerap mengunggah video eksekusi mati yang menampilkan para algojo berusia belasan menjalankan eksekusi para tawanan kelompok itu.(Su).

%d blogger menyukai ini: