Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Pemantauan dan Pendataan ISIS Terus Dilakukan di Jateng

Pemantauan dan Pendataan ISIS Terus Dilakukan di Jateng

19408_17086_sip-ISIS
Sketsanews.com – Rabu (22/7/2015), Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggj Jawa Tengah terus melakukan monitoring terhadap paham Islamic State of Islam and Syiria (ISIS).

Tak hanya paham ISIS, Intelijen juga melakukan pengawasan terhadap aliran kepercayaan masyatakat yang berkembang di provinsi tersebut.

Kajati Jateng, Hartadi, mengatakan sejak Januari hingga Juli ini pengawasan terhadap kemungkinan berkembangnya ISIS terus dilakukan. “Sudah dilakukan pemantauan dan pendataan kegiatan kelompok ISIS di sembilan kota/kabupaten,” ujarnya di Kantor Kejati Jateng.

Sembilan kota/kabupaten tersebut adalah Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Kota Surakarta, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Purworejo.

Hartadi menjelaskan, sampai saat ini belum ada indikasi berkembangnya kelompok ISIS di Jawa Tengah. Secara umum, tugas intelijen pihaknya adalah menyelidiki, pengamanan dan penggalangan untuk melakukan pencegahan tindak pidana untuk mendukung penegakan hukum. “Ini meliputi ideologi, politik, ekonomi, keuangan, sosial budaya hingga pertahanan keamanan,” jelasnya.

Yacob Hendrix, Asisten Intelijen Kejati Jawa Tengah, mengatakan pihaknya hanya melakukan deteksi dini. “Tidak ada (indikasi) dan tidak ada gerakan berarti. Kami melakukan kegiatan penerangan dan penyuluhan hukum,” kata dia.(Su).

%d blogger menyukai ini: