Sketsa News
Home Berita Terkini, Opini Selamatkan Arus Mudik

Selamatkan Arus Mudik

arus
Sketsanews.com – Dalam menghadapi Idul Fitri kali ini Komisi V DPR RI telah menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, dan Korlantas Polri, yang menyepakati bahwa aspek keselamatan lalu lintas arus mudik-balik sebagai prioritas utama.

Berdasarkan data Mabes Polri 2014, selama 13 hari Operasi Ketupat tercatat terjadi kecelakaan 2.471 kasus, pada 2013 terjadi kecelakaan sebanyak 3.061 kasus. Pada tahun 2014 ada 538 korban meninggal dunia, 845 luka berat, dan 3.247 luka ringan, sedangkan tahun 2013 masing-masing 686 meninggal dunia, 1.120 luka berat, dan 4.034 luka ringan.

Keselamatan pemudik jadi prioritas utama itu memang penting, tetapi sejatinya yang terpenting adalah bagaimana agar impian mudik tanpa maut bisa terwujud, atau setidaknya angka kecelakaan mudik bisa menurun drastis.

Tradisi mudik Lebaran merupakan fenomena rutinitas tahunan. Oleh karena itu pemerintah seharusnya sudah bisa mempelajari dan mencarikan solusi karakteristik pemudik dan penyebab kecelakaan lalu lintas.

Akankah angka kecelakaan lalu lintas mudik Lebaran 2015 ini benar-benar bisa menurun drastis?

Jikalau tak ada perbedaan signifikan dalam penanganan mudik tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, maka jangan berharap terjadi penurunan angka kecelakaan secara drastis, apalagi berharap mudik tanpa maut.(Su).

%d blogger menyukai ini: