Sketsa News
Home Berita Terkini, News Komisi I: BIN Harus Maksimal Galang Informasi

Komisi I: BIN Harus Maksimal Galang Informasi

1509195jjjj4780x390

Sketsanews.com – kinerja Badan Intelijen Negara (BIN)mendapat sorotan dari berbagai pihak terkait Insiden kerusuhan di Karubaga,Tolikara,Papua. Komisi I DPR yang menjadi mitra kerja BIN, meminta lembaga telik sandi itu lebih maksimal dalam melakukan penggalangan informasi.

Seperti yang dilansir www.jawapos.com, wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais menilai, BIN masih belum maksimal dalam menggalang informasi. “Penggalangan informasi yang kurang lengkap dan detail dapat mengakibatkan timpangnya antara deteksi dan pencegahan dini, seperti kasus Tolikara,” ujarnya,Kamis (23/7).

Putra dari politisi Amien Rais ini mengingatkan, BIN harus lebih cermat merangkai setiap informasi yang dikumpulkan (connecting the dots). “Menggalang selengkap mungkin informasi, memetakannya menjadi titik, dan momentum mana yang paling potensial mengakibatkan kejadian seperti Tolikara di kemudian hari,” terangnya.

Khusus insiden Tolikara, lanjut wakil Ketum PAN tersebut , BIN juga harus menyadari bahwa permasalahannya bukan hanya isu agama. “Tetapi, bagian dari proxy war oleh mereka yang selama ini ingin mengganggu integrasi NKRI,” katanya. BIN juga harus mampu mengidentifikasi, menetralisir infiltran, dan inisiator insiden Tolikara. “Agar ke depan, ada pencegahan dini yang lebih rapi,” katanya. Salah satu keberhasilan BIN akan dilihat bagaimana agar kejadian serupa tidak akan meluas dan terulang lagi. “BIN akan disebut gagal jika kasus Tolikara menjadi eskalatif,” tandas

%d blogger menyukai ini: