Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News ISIS, Momok yang Menakutkan Bagi AS

ISIS, Momok yang Menakutkan Bagi AS

fbi-sebut-isis-ancaman-terbesar-as-oPU
Sketsanews.com – Kamis (23/7/2015), James Comey, Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat (AS) menyatakan, al-Qaeda bukan lagi menjadi ancaman terbesar bagi AS. Menurutnya, saat ini ISIS merupakan ancaman terbesar bagi Negeri Paman Sam tersebut.

Dalam sebuah pernyataan Comey mengatakan, “Upaya ISIS untuk menginspirasi warga AS yang memiliki masalah dengan tindakan kekerasan menjadi ancaman yang lebih besar bagi AS dibanding dengan serangan langsung yang dilakukan al-Qaeda.”

Dia menjelaskan, pola ISIS dalam melakukan perekrutan dan perencanaan lebih canggih dan mengkhawatirkan. “Saya sangat khawatir tentang apa yang tidak bisa saya lihat. Karena para perekrut ISIS menggunakan perangkat lunak komunikasi terenkripsi untuk menghindari pantauan AS,” ujarnya.

Menurut Comey, radikalisme di AS terus berkembang, dengan mulai banyaknya aksi penembakan tunggal yang membawa nama-nama agama. Sebelumnya, AS menganggap pemberi ancaman terbesar adalah Khorasan, salah satu kelompok sempalan al-Qaeda. Namun, ancaman yang ditimbulkan Khorasan telah berkurang setelah pemimpinnya tewas oleh serangan udara AS.(Su).

%d blogger menyukai ini: