Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News AS Mengundang Kebencian Iran

AS Mengundang Kebencian Iran

jenderal-teheran-iran-100-kali-lebih-benci-pada-as-ZEQ
Sketsanews.com – Rabu (22/7/2015), Mohammad Reza Naqdi, Jenderal Angkatan Bersenjata Iran, mencemooh hasil kesepakatan nuklir antara Iran dan enam negara kekuatan dunia. Menurutnya, rakyat Iran yang melihat teks kesepakatan nuklir itu akan 100 kali lebih membenci Amerika Serikat (AS) dari sebelumnya.

Jenderal Teheran itu berkomentar di saat Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, meraih banyak simpati atas perjuangannya dalam perundingan nuklir Iran. ”Setiap (warga) Iran yang membaca dokumen (kesepakatan nuklir) di Wina akan 100 kali lebih membenci AS (dari sebelumnya),” ujarnya. “Semua paragraf resolusi yang diusulkan AS ke Dewan Keamanan PBB penuh permusuhan terhadap Iran dan menunjukkan dendam mendalam AS terhadap bangsa Iran,” lanjut Naqdi. ”AS butuh kesepakatan hanya untuk melegalkan sanksi dan melanjutkan tekanan terhadap Iran,” imbuh dia.

Beberapa hari lalu, perundingan nuklir Iran telah mencapai kesepakatan di Wina. Kesepakatan nuklir antara Iran dan enam negara kekuatan dunia (AS, Rusia, Inggris, Prancis, Jerman dan China) berhasil mengakhiri kebuntuan antara Iran dan dunia Barat selama 12 tahun. Iran sepakat mengekang program nuklirnya untuk jangka panjang dengan kompensasi sanksi ekonomi AS dan negara-negara Barat terhadap Iran dicabut secara bertahap.

Kepala negosiator nukir Iran, Menlu Zarif berusaha keras membela kesepakatan nuklir di tengah rentetan kritik dari kelompok garis keras Iran yang sejak awal menentang perundingan nuklir. ”Saya menekankan bahwa negosiasi ini pada dasarnya memberikan (sesuatu) dan mengambil (sesuatu sebagai balasannya), dan kecuali pada tingkat signifikan tuntutan kedua belah pihak tidak terpenuhi,” ujarnya. (Su).

%d blogger menyukai ini: