Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News PN Jakut Menangkan Ical, Agung Laksono Banding

PN Jakut Menangkan Ical, Agung Laksono Banding

20668_18320_11094_9357_10848_9131_10625_8925_Untitled-1
Sketsanews.com – Pengadilan Negeri Jakarta Utara mengabulkan gugatan yang diajukan kubu Aburizal Bakrie terkait keabsahan pelaksanaan munas Ancol yang dipimpin Agung Laksono pada November lalu. Pihak Agung pun akan mengajukan banding.

Dalam putusannya,yang dikeluarkan hari ini Jumat(24/7), majelis hakim PN Jakut Lilik Mulyadi menilai bahwa rapat pleno sebagai awal mula pelaksanaan munas Ancol tidak sah. ‎Oleh karena itu, putusan yang dibuat dalam rapat pleno tidak sah secara hukum. Aspek penyelenggaraan munas Ancol dianggap melanggar hukum karena tidak ada prosedur administrasi sesuai aturan partai.

sementara itu, ketua DPP Golkar hasil munas Ancol Lawrence Siburian mengatakan, hakim telah melampaui kewenangannya dalam membuat putusan. Hakim telah mengabaikan putusan mahkamah partai (MP) yang memberi rekomemdasi dan mengakui keabsahan kepengurusan Agung Laksono. “Dia menilai putusan MP tidak sah,” katanya melalui pesan singkat, Jumat (24/7), sebagaimana yang dilansir www.jawapos.com

Dia mengatakan, pengadilan umum tak seharusnya mengadili soal kepengurusan partai politik. Terlebih menyatakan kepengurusan tersebut tidak sah. Sebab, yang berhak memutuskan perkara kepengurusan adalah mahkamah partai sesuai UU Parpol. “Ini mengacaukan sistem peradilan,” ujarnya.

Lawrence juga memandang aneh dengan denda Rp 100 miliar yang dijatuhkan hakim. Juga, denda untuk Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly sebesar Rp 1.236.000. ‎”Ini subjektif,” tegasnya sembari mengatakan rencana mengajukan banding. “Kami minta pengadilan tinggi meluruskan dan memeriksa berkas ini,” imbuhnya.

sementara itu secara terpisah, Bendahara Umum Golkar hasil munas Bali Bambang Soesatyo mempersilakan jika kubu Agung mengajukan banding. “Putusan itu dapat langsung dilaksanakan walaupun ada upaya hukum lain,” jelasnnya
(ki)

%d blogger menyukai ini: