Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Liburan Raja Saudi dan 1.000 Temannya Picu Kemarahan

Liburan Raja Saudi dan 1.000 Temannya Picu Kemarahan

libur-mewah-raja-saudi-dan-1-000-temannya-di-prancis-picu-kemarahan-Wa6
Sketsanews.com – Sabtu (25/7/2015), Salman bin Abdul Aziz, raja Arab Saudi beserta sekitar 1.000 teman dekatnya berlibur ke Prancis. Liburan mewah ala raja Saudi itu membuat penduduk Prancis marah, karena akses ke salah satu pantai ditutup untuk umum.

Riviera adalah pantai yang ditutup tersebut dengan alasan menjaga privasi dan keamanan pihak Kerajaan Saudi. Meski demikian, liburan Raja Salman selama tiga minggu itu mendatangkan keuntungan ekonomi lokal.

Sekitar 700 orang dalam rombongan liburan Raja Salman ditempatkan di sebuah hotel di Cannes. Sedangkan orang-orang di lingkaran keluarga kerajaan disiapkan villa khusus yang membentang satu kilometer dari Pantai Riviera antara Kota Antibes dan Kota Marseille.

Michel Chevillon, presiden asosiasi yang mewakili manajer hotel di Cannes mengatakan, liburan mewah Raja Salman yang mengajak sekitar 1.000 teman dekatnya itu, seperti menjadi tradisi Kerajaan Saudi. ”Jelas ini adalah berita baik,” kata dia. ”Ini adalah orang-orang dengan daya beli yang besar, yang akan menambah semangat tidak hanya industri (pariwisata) mewah tetapi juga sektor ritel dan pariwisata kota,” lanjut Chevillon.

Namun, tidak semua orang senang dengan liburan ala Raja Salman. Para warga lokal Prancis yang tidak bisa mengakses pantai karena ada liburan Raja Saudi itu bersiap menggalang petisi. Mereka sedang mengumpulkan lebih dari 45 ribu tanda tangan dalam delapan hari untuk memprotes “privatisasi” pantai Riviera yang jadi objek liburan Raja Salman.

”Kita ingat bahwa zona alam ini, seperti semua perkebunan masyarakat maritim, adalah milik umum yang harus tersedia untuk kepentingan semua, baik warga, wisatawan Prancis, asing atau orang yang lewat. Kami meminta negara untuk menjamin prinsip dasar kesetaraan semua warga negara di hadapan hukum,” bunyi petisi itu.(Su).

%d blogger menyukai ini: