Sketsa News
Home Berita Terkini, News Soal Keringanan Teknis Pendaftaran, KPU Tolak Permintaan Golkar Ical

Soal Keringanan Teknis Pendaftaran, KPU Tolak Permintaan Golkar Ical

51150263240partai-golkar
Sketsanews.com – Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie (Ical) meminta keringanan soal teknis pendaftaran bagi parpol bersengketa kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).Namun,permintaan itu ditolak oleh KPU.

Hal itu di katakan Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah. “Tidak bisa,” ujarnya di kantor KPU, Jakarta, Selasa (28/7),

Menurutnya, sebagaimana dilansir www.jawapos.com, jika keinginan Partai berlambang pohon beringin itu disetujui, bisa menimbulkan resiko dan kekacauan. “Ada jaminan nggak nanti kalau sudah diterima KPU, kubu yang satunya juga mendaftar? Kalau keduanya dateng bersamaan mendaftarkan, KPUD bisa mengetahui kalau itu memang betul-sama dan disepakati oleh dua kubu,” katanya.

Sebelumnya, Sekjen Partai Golkar kubu Ical, Idrus Marham mendatangi gedung KPU. Dia hendak meminta dispensasi agar dobel rekomendasi dilonggarkan. KPU dapat menerima rekomendasi calon dari dua kubu jika, didaftarkan di hari yang berbeda. Dengan catatan calon yang diajukan sama. Bila calonnya berbeda, barulah KPU menolaknya.

Komisioner KPU Arief Budiman menegaskan, tidak bisa mendaftarkan jika tidak bersamaan. “Jika nanti calon yang diajukan ternyata berbeda gimana?, ucapnya.

Bagaimana parpol non konflik yang kesulitan berkoalisi dengan parpol berkonflik karena teknis pendaftarannya harus bersamaan? Arief menyatakan, itu bagian dari resiko berkoalisi dengan parpol berkonflik. “Mereka (parpol non konflik) pasti sudah memikirkan itu. Kalau nggak mau ribet, ya harusnya cari koalisi yang lain,” ujarnya.

Disisi lain, Partai Golkar kubu Ical tetap mengharapkan KPU dapat menerima permintaannya itu. Hari ini (28/7), Idrus Marham kembali mendatangi gedung KPU. Dia datang bersama Ketua Tim Penjaringan Partai Golkar kubu Ical Nurdin Halid. Pada kedatangannya kali ini, dia ingin memberikan jaminan kepada KPU siapa saja yang akan maju sebagai calon kepala daerah dari partai berlambang beringin itu. “Sudah ada 219 calon yang ditetapkan oleh tim 10,” ujar Nurdin.

Idrus menambahkan, apabila ada pengurus parpol Golkar yang mendaftarkan berbeda dengan tim 10, maka harus kembali pada rujukan dan SK yang sudah disepakati tim 10.(ki)

%d blogger menyukai ini: