Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Jokowi-Kalla Mampu Redakan Konflik Tolikara

Jokowi-Kalla Mampu Redakan Konflik Tolikara

horta
Sketsanews.com – Selasa (28/7/2015), Ramos Horta, mantan Presiden Timor Leste yakin bahwa Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mampu mengatasi konflik yang terjadi di Tolikara, Papua.
Dia mengatakan, Indonesia memiliki visi yang kuat dalam mengatasi masalah serupa sebelumnya. “Dalam pandangan saya, Indonesia memiliki keberanian yang besar, kekuatan dan visi dalam memecahkan banyak masalah sebelumnya,” kata Horta di Kantor Wakil Presiden Jakarta.

Utusan khusus PBB untuk Guinea-Bissau itu menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membahas peran Indonesia dalam menjaga kedamaian di dunia internasional. Dia mengakui, Indonesia telah berpengalaman dalam mengatasi konflik serupa Tolikara. Bahkan, pemerintah RI dinilainya berhasil menyelesaikan konflik yang lebih besar di Aceh.

Menurut Horta, dinamika sosial maupun politik yang terjadi di Papua merupakan suatu hal yang wajar. Apalagi Indonesia adalah negara berpenduduk besar dengan beragam etnik dan budaya masyarakatnya.

Selain itu, dia menilai bahwa Indonesia telah mengalami perubahan berarti dalam 15 tahun terakhir. Kondisi perekonomian Indonesia semakin baik dengan kondisi politik yang kuat dan stabil. Horta pun yakin bahwa Indonesia beserta negara Asia Tenggara lainnya bisa memainkan peran sangat penting dalam meningkatkan kinerja PBB terkait penjagaan keamanan internasional.

Mengenai kasus Tolikara, Kepolisian telah menetapkan dua tersangka yang diduga sebagai provokator dalam insiden yang terjadi pada hari raya Idul Fitri tersebut. Dalam insiden itu, satu orang tewas dan 11 lainnya luka-luka.(Su).

%d blogger menyukai ini: