Sketsa News
Home Berita Terkini, News DiPilkada, Partai Politik Seperti Kendaraan Umum

DiPilkada, Partai Politik Seperti Kendaraan Umum

uchok-sky-khadafi

Sketsanews.com – Pilkada di daerah menunjukkan partai politik hanya menjadi kendaraan para elit untuk mengikuti kontestasi politik di daerah. Direktur Centre for Budget Analysis Uchok Sky Khadafy menilai fenomena “Partai politik seperti kendaraan umum saja. Pencopet bisa masuk, orang baik bisa masuk. Yang terpenting sampai tujuan,” cetus Uchok di Gedung DPR,Kompleks Parlemen, seperti yang dilansir www.Inilah.com, Rabu (29/7/2015).

Jargon ideologi tidak termanifestasikan dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2015 mendatang di 269 daerah. Polarisasi kekuatan politik di level nasional tidak tercermin di daerah.

Jargon ideologi di tingkat elit terbukti hanya jadi komoditas saja. Dua kelompok yang berbeda pilihan politik dalam Pemilu 2014 lalu terbukti akur di Pilkada.

Di sejumlah daerah, pasangan calon kepala daerah/wakil kepala daerah tidak sedikit didukung oleh partai politik dari KIH dan KMP sekaligus. Setidaknya polarisasi kekuatan yang tercermin dalam panggung pentas politik nasional tak terbukti di lapangan politik lokal. Bipolarisasi Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) tak terjadi di lapangan.

Dia menilai ideologi yang selama ini digembor-gemborkan partai politik hanya menjadi jargon semata. Lantaran kata Uchok, pragmatisme politik lebih dikedepankan partai politik. “Karena pragmatisme yang ditonjolkan, nanti saat berkuasa hanya materi yang ditonjolkan. Anggaran sosial yang dikampayekan saat pilkada hanya untuk menarik konstituen,” tambah Uchok.

Dia juga meenyinggung soal keberadaan mahar politik yang masih ada dalam pencalonan calon kepala daerah. Menurut dia, situasi tersebut menunjukkan partai politik belum mengalami perubahan. “Padahal, semestinya partai politik menagih komitmen kepada calon atas nilai apa yang akan diusung jika menjadi kepala daerah kelak,” cetus Uchok. [ki]

%d blogger menyukai ini: