5 Eks Napi Termasuk Kasus Korupsi, Daftar Bacaleg di Brebes

Petugas KPU Brebes memeriksa berkas pendaftaran bacaleg. (Istimewa)

Sketsanews.com, Brebes – Hingga hari terakhir pendaftaran bacaleg pada Selasa malam, KPU Brebes, Jawa Tengah, menerima berkas persyaratan pendaftaran sebanyak 503 orang bacaleg dari 14 parpol. Dari jumlah itu, ada 5 orang mantan napi, termasuk di antaranya mantan napi kasus korupsi.

Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pahlevi, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurut dia, lima mantan napi ini mendaftar melalui beberapa parpol. “Ada yang mantan napi kasus korupsi dan kasus pidana lain,” ungkap Riza, Rabu (18/7/2018) siang.

Menurut Riza, ada larangan bagi parpol peserta pemilu melibatkan mantan napi yang terlibat kasus pencabulan anak divbawah umur, narkoba dan korupsi. Dalam persyaratan pecalegan, imbuh dia, tiap parpol harus melampirkan pakta integritas yang berisi tidak mencalonkan mantan napi kasus pencabulan anak, narkoba dan korupsi.

Jika dalam proses verifikasi ditemukan ada bacaleg yang pernah dipidana terkait tiga kasus tersebut maka akan dilakukan verifikasi. “Bila memang benar maka akan dicoret sebagai bacaleg,” tandas Riza.

Sedangkan mantan napi kasus lain boleh mencalonkan diri dengan syarat harus mengumumkan di media massa.

“Dari data yang masuk, mantan-mantan napi kasus selain korupsi, pencabulan dan narkoba sudah mengumumkan di media massa. Jadi sudah memenuhi syarat,” pungkasnya, seperti dikutip dari detiknews. (Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: