Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Pasca Tolikara, Kapolda Papua Dimutasi

Pasca Tolikara, Kapolda Papua Dimutasi

kapolda-papua-sketsanews

Sketsanews.com – Pasca insiden yang terjadi di Tolikara, Papua, sejumlah pimpinan Polri setempat mengalami pergeseran. Setelah sebelumnya, Kapolres Tolikara AKBP Suroso digantikan oleh AKBP Musa Korwa, kali ini posisi Kapolda Papua Irjen Yotje Mende juga dimutasi. Jabatan Kapolda Papua akan diserahkan kepada Brigjen Paulus Waterpaw yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua Barat.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Mabes Polri Kombes Suharsono membantah, pergeseran Kapolda Papua dikarenakan lalai dalam mengantisipasi terjadinya peristiwa Tolikara. “Itu tidak ada kaitannya, beliau sudah memasuki masa purna tugas per-tanggal 31 Juli besok. Jadi kepentingan orang, maka pergantian harus dilakukan,” katanya Kamis (30/7).

Mutasi jabatan tersebut berdasarkan surat telegram Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dengan nomor ST/195/VII/2015 tertanggal 30 Juli 2015. Surat ini ditandatangani Asisten SDM Polri Irjen Sabar Rahardjo.

Dalam telegram tersebut,Yotje dimutasi sebagai perwira tinggi Yanma Polri dalam rangka pensiun. Sementara posisi Kapolda Papua Barat yang ditinggalkan Paulus akan digantikan oleh Brigjen Royke Lumowa. Dia sebelumnya bertugas di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan sebagai asisten deputi koordinasi penanganan daerah konflik dan kontijensi.

Rencananya, acara serah terima jabatan akan dilakukan di Gedung Rupatama, Mabes Polri, besok (31/7), pukul 07.30 WIB. Upacara sertijab akan dipimpin oleh Kapolri. (Ai)

Sumber : www.jawapos.com

%d blogger menyukai ini: