Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Turki Tak Menyerah Lawan Teroris

Turki Tak Menyerah Lawan Teroris

erdogan
Sketsanews.com – Jumat (31/7/2015), Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Turki menegaskan bahwa pihaknya tidak akan menyerah untuk melakukan perlawanan terhadap terorisme. Hal tersebut diutarakan Erdogan ketika memberikan kuliah umum di Lemanahas, Jakarta.

Dia mengatakan, negaranya tidak pernah mempermasalahkan jika tidak ada negara lain yang berusaha membantu mereka memerangi terorisme. Erdogan yakin, dengan kemampuan sendiri Turki akan bisa mengalahkan kelompok teror yang selalu menebar teror terhadap Turki.

Dari data yang dihimpun sindonews, Erdogan mengatakan, “Kami telah melakukan sebagian besar tindakan kami dengan kemampuan kami sendiri. Meskipun hal ini masih menjadi masalah di beberapa negara yang masih menahan diri dari saling berbagi informasi intelijen mengenai terorisme,” ujarnya.

Mantan Presiden Turki tersebut menambahkan, “Bahkan jika kami ditinggalkan sendirian, kami akan terus dan melakukan perjuangan sampai titik darah penghabisan untuk melawan terorisme dan teroris itu,” kata dia.

Turki saat ini memang terus rajin melakukan serangan terhadap basis ISIS dan juga Kurdi, baik di Suriah ataupun Irak. Turki bahkan telah melakukan kerjasama dengan Amerika Serikat (AS) untuk membuat zona anti-ISIS yang berada di sepanjang perbatasan Turki dengan Suriah.

Erdogan juga memberikan penjelasan mengapa sampai saat ini masih banyak yang menggunakan Turki sebagai pintu untuk masuk ke Surian dan bergabung dengan ISIS. Menurut dia, hal ini dikarenakan panjangnya perbatasan kedua negara, sehingga banyak titik-titik buta yang digunakan oleh oknum-oknum tersebut untuk menyebrang ke Suriah.

Dia menuturkan Turki dan Suriah berbagi perbatasan sepanjang 910 Km, dan jumlah orang yang berusaha menyeberang baik dan Suriah ke Turki atau sebaliknya tahun ini saja mencapai dua juta jiwa. “Turki telah melakukan tindakan seefektik mungkin ketika berususan dengan orang-orang ini dan memerangi teroris,” imbuh Erdogan.(Su).

%d blogger menyukai ini: