Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News HUT RI Momentum Perkuat Ideologi Pancasila

HUT RI Momentum Perkuat Ideologi Pancasila

ben
Sketsanews.com – Selasa (4/8/2015), Ideologi Pancasilan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah harga mati. Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-70 ini menjadi momentum untuk memperkuat ideologi Pancasila, terutama dalam mencegah paham radikal dan teroris.

Fadli Ferryansyah, Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) DKI Jakarta mengingatkan, mahasiswa seharusnya berada di garda terdepan dalam mengawal keutuhan NKRI. “Kami juga harus tetap konsisten dalam memperjuangkan cita-cita luhur founding father Indonesia yang dulu berjuang sampai titik darah penghabisan untuk membawa Indonesia menjadi negara merdeka yaitu NKRI,” ujar Fadli, Jakarta. Sebagaimana dilansir sindonews.com.

Fadli mengakui, segmentasi propaganda dan penyebaran paham radikal dan teroris sekarang dengan sebelumnya berbeda. Dia mengungkapkan, dahulu, penyebaran paham radikal dan teroris menyasar kaum marjinal seperti masyarakat desa, tapi sekarang mereka membidik kaum intelektual. “Di kalangan mahasiswa, biasanya mereka memanfaatkan tugas makalah dengan membuat artikel berbau ideologi radikalisme. Jadi kami dari kalangan mahasiswa memang harus saling bergandengan untuk mencegah hal-hal tersebut demi Indonesia kita tercinta,” ungkapnya.

Di sisi lain, Andi Aulia Rahman, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) mengatakan, momentum HUT ke-70 RI tidak cukup diramaikan dengan kegiatan yang bersifat seremonial dan perayaan saja, tetapi harus dijadikan momentum untuk menancapkan semangat persatuan dan kesatuan dalam wadah NKRI. “Sebagai mahasiswa kami harus bisa mengisi kemerdekaan dengan hal positif, apalagi ini menyangkut keutuhan NKRI,” tukas Andi.(Su).

%d blogger menyukai ini: