Sketsa News
Home Berita Terkini, News Perppu Dinilai Mengganggu Jalannya Pilkada Serentak

Perppu Dinilai Mengganggu Jalannya Pilkada Serentak

pakar-hukum-unpar-asep-warlan-yusuf-kanan-_150402103409-616
Sketanews.com – Pemilihan kepala Daerah di Tujuh daerah yang mempunyai calon kepala daerah tunggal,terancam gagal. Hal itu membuat pemerintah ingin menerbitkan perpu untuk mencegah gagalnya pilkada serentak. Namun, rencana penerbitan Perppu itu dinilai hanya akan mengganggu proses Pilkada yang sudah disiapkan KPU sebelumnya.

seperti yang dikabarkan disitus Republika.co.id, pakar hukum Universitas Parahyangan, Asep Warlan mengatakan, akan ada dua sisi negatif dari penerbitan Perppu ini. Pertama, dapat menyebabkan tahapan dalam Pilkada tertunda. Padahal, dalam UU disebutkan tahapan Pilkada tidak boleh ditunda. ”karena akan menimbulkan kerugian,” kata Asep, Rabu 5/08/2015.

Kedua, lanjut Asep, akan menyebabkan ketidakpastian pelaksanaan Pilkada serentak. Sebab, dengan adanya perubahan tahapan, maka akan menjadi masalah untuk para calon. ”Seharusnya kan sekarang paslon-paslon (pasangan calon) itu sudah menjalani tahapan selanjutnya. Tapi karena Perppu bisa saja mundur,” ujar dia.

Menurutnya, jika pemerintah jadi mengeluarkan Perppu, maka jangan sampai merusak UU diatasnya. Apalagi jika Perppu mensahkan calon tunggal. ”Tinggal bagaimana mekanisme pemilihan. Jadi harus jelas, jangan sampai muncul gugatan yang lainnya,” jelasnya.

Dia juga menilai pemerintah tidak konsisten dalam menjalani Pilkada serentak ini. Sebab, dulu pernah disinggung soal calon tunggal ketika pembahasan UU. Tapi pemerintah merasa yakin tidak akan ada calon tunggal. ”Jadi aturan yang ada sudah sepakat sebelumnya,” tambah Asep.(ki)

%d blogger menyukai ini: