Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Wapres Ingatkan Negara ASEAN untuk Tidak Tunduk dengan Kekuatan Asing

Wapres Ingatkan Negara ASEAN untuk Tidak Tunduk dengan Kekuatan Asing

jusuf-kalla_20150810_175958
Sketsanews.com – Senin (10/8/2015), selama 48 tahun terakhir, ASEAN telah berhasil menjaga stabilitas antara negara-negara wilayah Asia Tenggara. Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut hal itu sebagai sesuatu yang patut dibanggakan. Terlebih melihat saat ini banyak negara di wilayah lain, yang tengah dilanda konflik.

Meski demikian negara-negara di ASEAN tidak boleh terbuai dengan kepuasan. Saat ini negara-negara di ASEAN menghadapi tantangan berat. Ia menyinggung masih ada sengketa di antara negara-negara ASEAN yang belum terselesaikan, dan kedepannya bisa membuat ASEAN pecah.

Data yang dihimpun tribunnews.com, Kalla mengatakan, “Sengketa teritorial di (laut) China Selatan, itu ancaman serius bagi stabilitas maritim bila tidak diselesaikan dengan hati-hati,” ujar dia dalam sambutannya di acara “48th ASEAN day Celebration” di gedung sekretariat ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selain itu ketimpangan juga terjadi, dari segi pertumbuhan ekonomi negara-negara di ASEAN. Secara kelembagaan, ia menilai ASEAN masih relatif lemah dalam menjaga keseimbangan ekonomi tersebut. Oleh karena itu ia berharap dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang dimulai pada awal tahun depan, bisa dijadikan titik tolak untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada, terutama masalah perekonomian. “(MEA) harus dimanfaatkan oleh semua pihak, untuk meningkatkan ASEAN menjadi organisasi yang lebih matang,” jelasnya.

Kalla berharap negara-negara di ASEAN bisa kompak menjaga stabilitas, dan dapat saling membantu dalam penyelesaian konflik-konflik antar negara. Selain itu negara-negara di ASEAN juga harus kompak menghadapi kekuatan di luar ASEAN. “Dengan tidak mengijinkan siapapun kekuatan diluar ASEAN, untuk mendikte kita,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu ia menegaskan, ASEAN akan tetap menjadi salah satu pijakan bagi pemerintah Indonesia, untuk mengambil kebijakan luar negri. Wakil Presiden menegaskan, Indonesia akan terus berkomitmen untuk memajukan ASEAN.(Su).

%d blogger menyukai ini: