Sketsa News
Home Berita Terkini, News LUIS : Densus 88 Menangkap 3 Warga Semanggi Solo

LUIS : Densus 88 Menangkap 3 Warga Semanggi Solo

Sketsanews.com, Solo. Densus 88 menangkap 3 warga Semanggi, Pasar Kliwon Solo, Surakarta, pada Rabu siang (12/08/2015). Juru Bicara Laskar Umat Islam (LUIS) Endro Sudarsono membenarkan penangkapan tersebut, dilansir dari merdeka.com.

“Pada hari Rabu, tanggal 12 Agustus 2015 sekitar pukul 13.00 di depan rumah Ekya Sih Hananto (Anggota FPDIP DPRD Kota Surakarta) dengan alamat Kampung Semanggi Rt 2/6, Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta telah terjadi penangkapan terhadap Giyanto alias Giyanto Culek (Eks Ikhwan Laskar Tim Hisbah) oleh Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri. Di tabrak jatuh ke selokan lalu dipukuli tiga orang. Salah seorang saksi yang tak mau disebutkan namanya mengatakan orang yang menangkap itu mengaku “saya polisi!” (panjimas.com (12/08/2015) menghimpun informasi dari Endro Sudarsono yang sedang melakukan investigasi dan advokasi terkait penangkapan tersebut)

Ketiga warga yang belum jelas kasus keterlibatannya dalam tindak terorisme tersebut merupakan warga kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta yaitu, Ibadurrahman (19), Yus Karman (31), Sugiyanto (35).

Densus 88 tangkap terduga teroris di Solo. ©2015 Merdeka.com
Densus 88 tangkap terduga teroris di Solo. ©2015 Merdeka.com

Kronologi Pengrebegan

Polisi pertama menggeledah sebuah gubuk dan musala di Kampung Losari RT 05 RW 03 Semanggi Pasar Kliwon atau jauh dari rumah terduga teroris Ibrahim Sungkar yang ditangkap pada 2013.

Polisi menggeledah musala dan gubuk bekas kandang kambing, dan kemudian beralih di rumah Udin di RT 04 RW 03 Losari Semanggi. Polisi mulai masuk ke lokasi sekitar pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB.

Polisi kemudian meninggalkan lokasi dengan membawa bungkusan plastik warna hitam dan putih, tetapi belum diketahui apa isinya. Barang temuan itu kemudian dimasukan ke mobil dan segera meninggalkan lokasi.

Menurut warga Losari, gubuk di depan musala adalah milik Yus Karman, sedangkan rumah di RT 04/03 milik Udin. Musala itu sering digunakan warga sekitar.

Sementara dari informasi warga sekitar, sehari sebelumnya polisi telah menangkap Udin dan Giyanto. Sedangkan, Yus Karman dicokok Rabu siang. Warga tidak mengenal ketiga orang itu.

Ketua RT 05 RW 03 Agus Sumaryawan mengaku diminta menyaksikan barang-barang yang ditemukan di kandang kambing dan Musala di RT 5 RW 03.

“Saya melihat polisi mengamankan bendera betulisan Arab warna hitam, alat bor, dan besi bor. Barang lainya saya tidak tahu,” kata Agus.

Menurut dia, Rabu siang sekitar pukul 14.00 WIB polisi juga menangkap Yus Karman di jalan pertigaan Losari, setelah menangkap Udin dan Giyanto (40).

Giyanto adalah warga Kampung Mojo Semanggi Pasar Kliwon, sedangkan Giyanto asli warga kampung itu.

Agus Sumaryanwan mengaku tidak mengetahui aktivitas ketiga orang karena ketiganya jarang berasa di kampung dan tidak mengenal dekat warga sekitar. (antaranews.com, 12/08/2015 20:02)

(in)

%d blogger menyukai ini: