Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Bom Rakitan yang Diamankan Densus di Karanganyar Siap Ledak

Bom Rakitan yang Diamankan Densus di Karanganyar Siap Ledak

Sketsanews.com – Tim Densus 88 Anti-Teror Mabes Polri melakukan penggeledahan di Solo dan Karanganyar siang ini. Salah satunya, Densus menggeledah sebuah kos di Gerdu RT 2/VI, Kelurahan Waru, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kosan tersebut selama ini dihuni oleh terduga teroris berinisial IR yang ditangkap oleh Densus 88 bersama dua orang lainnya di kawasan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, kemarin. Dari kosan IR, Densus menemukan 21 rakitan bom yang siap ledak.

Kasubdit Intel Densus 88 Mabes Polri Kombes Ibnu Suhendra mengatakan, beberapa rangkaian yang ditemukan sudah menjadi bom dan sisanya masih dalam proses penyelesaian. Hanya saja, Ibnu belum mengetahui seberapa kuat daya ledak bom rakitan itu.

“Belum tahu seberapa kuat daya ledak bom rakitan itu. Yang pasti, kami menemukan sejumlah rakitan yang tampaknya sudah siap diledakan,” papar Ibnu Suhendra di lokasi penggeledahan di Kebakkramat, Kamis (13/8/2015).

Selain belum mengetahui daya ledak bom rakitan tersebut, target ledakan dari kelompok terduga teroris yang berhasil dibekuk kemarin juga belum diketahui. “Kami belum tahu target dari kelompok ini. Nanti biar Kadiv Humas yang menerangkan apa saja yang berhasil diamankan dan dari kelompok mana teroris ini, termasuk target mereka,” ungkpanya.

Menurut Ibnu, kelompok terduga teroris tersebut merakit bom di daerah Losari, Semanggi, Pasar Kliwon Solo. Setelah rakitan bom itu selesai, selanjutnya rakitan-rakitan ini dibawa ke kos IR di daerah Karanganyar. Dari Karanganyar, rakitan bom ini akan dibawa ke suatu tempat yang sudah ditentukan.

“Dirakitnya di Solo, di Karanganyar ini hanya sebagai lokasi penyimpanan sementara saja sebelum dibawa,” paparnya, sebagaimana dikutip dari okezone.com.

Sementara itu dari sebuah sumber okezone di Kepolisian yang namannya enggan disebutkan, ada satu terduga teroris yang belum tertangkap dan masih dalam pengejaran. “Ada satu lagi berinisial U yang belum tertangkap dan masih dalam pengejaran. Dan U ini disebut-sebut yang mengkoordinir ketiga terduga teroris yang berhasil dibekuk ini,” terang sumber tersebut. (Zu)

%d blogger menyukai ini: