Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Propaganda ISIS, Sekolah dan Orangtua Perlu Bersinergi

Propaganda ISIS, Sekolah dan Orangtua Perlu Bersinergi

propaganda-isis-sekolah-dan-orangtua-perlu-bersinergi-gtt
Sketsanews.com – Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) memiliki berbagai cara melebarkan pengaruh dan merekrut anggotanya. Maka, orangtua dan sekolah perlu bersinergi menenamkan ajaran agama yang benar agar para pelajar dan mahasiswa memiliki dasar kuat membendung paham negatif.

Pakar komunikasi politik Universitas Brawijaya Malang, Anang Sujoko mencontohkan, sekolah bisa menerapkan monitoring tim berupa kajian yang sifatnya rutin dan berkelanjutan. Namun, perlu kemauan dari sekolah menjalankan program tersebut, demi melindungi mahasiswa dari pengaruh paham negatif, termasuk propaganda ISIS.

Melansir Sindonews.com, Anang mengatakan, “Di sinilah orangtua secara psikologis harus bisa memberikan spiritual basic, sementara sekolah memperdalam melalui program yang disesuaikan dengan kegiatan belajar,” ujarnya, Senin (24/8/2015).

Sementara itu, guru besar Sosiologi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah, Bambang Pranowo mengatakan, salah satu pencegahan efektif, mencegah propaganda ISIS kepada pelajar dan mahasiswa melalui penguatan paham Islam moderat seperti Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Peran pemerintah, melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) juga harus meneruskan program pencegahan paham ISIS, tidak hanya di kalangan mahasiswa, juga di seluruh lapisan masyarkat. “Apalagi kalau kondisi orang itu sedang gelisah, pikirannya penuh dengan kebuntuan dan melihat kondisi saat ini dirasa tidak ideal bagi dia, maka mereka sangat rentan dengan propaganda ISIS,” jelas Bambang.(Su).

%d blogger menyukai ini: