Sketsa News
Home Berita Terkini, News PAN Berpaling ke KIH, Pengamat: Itu menunjukkan lemahnya Ideologi partai

PAN Berpaling ke KIH, Pengamat: Itu menunjukkan lemahnya Ideologi partai

Indria Samego ( foto google)
Indria Samego ( foto google)

Sketsanews.com – Pengamat politik LIPI Indria Samego, mengatakan partai politik yang ada di Indonesia, masih lemah Ideologinya. Bukan AD ART yang menentukan langkah partai, melainkan sosok ketua umum (Ketum) masih mendominasi langkah partai secara keseluruhan. Hal itu dikatakan mengomentari masuknya Partai Amanat Nasional (PAN)
bergabung dengan pemerintah.

“Itulah nasib partai-partai di kita ini. Masih bergantung pada figur. Sebut saja partai mana saja, pasti ketua umumnya itu yang menentukan. Jadi bukan (bergantung) pada ideologi, AD/ART sekalipun,” tutur Indria Samego, dikutip Republika.co Rabu (2/9)

Indria mengamati, sikap kooperatif Zulkifli Hasan sudah terdeteksi setidaknya sejak awal Ketua MPR itu mengalahkan Hatta Radjasa dalam bursa ketum PAN silam. Lantaran itu. lanjut dia, di bawah kepemimpinan Zulkifli, pertentangan antara KMP dan KIH berusaha dinetralkan.
Namun, sambung Indria, dengan manuver Zulkifli Hasan ini, elite PAN ditengarai sedang membidik kursi di jajaran kabinet. Hal itu untuk menjaga-jaga adanya perombakan kabinet jilid dua.
“Kemarin-kemarin kan orang selalu mengaitkan dengan PAN dapat apa (di kabinet). Memang, dalam politik, kan tidak ada yang gratis. Selalu ada motif, ada keinginan kepentingan di situ,” ucap Indria

seperti diberitakan media sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyatakan partainya hengkang dari Koalisi Merah Putih (KMP). Kini, partai yang didirikan Amien Rais berkoalisi dengan KIH, sejalan dengan partai berkuasa.

%d blogger menyukai ini: