Sketsa News
Home Berita Terkini, News DPR Minta Tanggung jawab Pemerintah

DPR Minta Tanggung jawab Pemerintah

Fahri hamzah
Fahri hamzah

Sketsanews.com – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menegaskan pihaknya akan membicarakan dengan Komisi IX DPR untuk meminta pertanggung jawaban Menteri Tenaga Kerja terkait lolosnya ribuan tenaga buruh China ke Indonesia untuk bekerja membangun pabrik dan pelabuhan Semen Merah Putih.

PT Cermindo Gemilang, merupakan produsen Semen Merah Putih 100 persen milik swasta nasional. Tidak ada investasi asing di dalamnya. Pembiayaannya, seperti yang diungkap manajemen Cermindo kepada Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, berasal dari konsorsium bank BUMN.

Tiga tahun lalu, untuk membangun pabriknya di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pihak Cermindo memutuskan untuk lelang dan itu dimenangkan oleh perusahaan asal China Sinoma International Engineering. Sedangkan untuk membangun pelabuhannya juga dimenangkan oleh perusahan asal Negara Tirai Bambu, China Habour.

“Masalahnya, untuk membangun pabrik dan pelabuhan, dua perusahaan tersebut juga membawa buruh dari China untuk dipekerjakan di Banten,” kata Fahri Hamzah, usai inspeksi mendadak (sidak), ke PT Cemindo Gemilang, di Lebak, Banten, seperti dilansir JPNN.com Rabu (9/9).

“Kita tidak persoalkan kenapa China bisa menang tender sebagai kontraktor utama. Yang akan kita luruskan, kenapa pekerja asal China dengan kualifikasi buruh bisa masuk dan bekerja di Banten,” kata Fahri Hamzah

Menurut politisi PKS itu, kenyataan ini memang menyakitkan. Sebab, investasi sebesar 600 juta dolar Amerika Serikat berasal dari Indonesia, tapi yang dapat manfaat pekerjaan justru buruh asal China.

Masalahnya, UU Tenaga Kerja melarang warga negara asing untuk bekerja di Indonesia. Kecuali punya kualifikasi atau keahlian khusus. Kemenlu, Imigrasi dan Kemenaker harus bertanggungjawab soal ini,” tegas Fahri.

%d blogger menyukai ini: