Sketsa News
Home Berita Terkini, News Indonesia Buat Petisi untuk Dukung Imigran Suriah

Indonesia Buat Petisi untuk Dukung Imigran Suriah

aylan-kurdi_20150908_205255
Sketsanews.com – Aylan Kurdi adalah Bocah berusia tiga tahun asal Suriah, yang meninggal tersapu ombak di dekat Bodrum, dalam perjalanan menuju Eropa.

Aylan menjadi simbol penderitaan pengungsi Suriah. Fotonya menampar banyak orang yang sebelumnya tak tahu apa yang tengah dialami warga Suriah. Netizen asal Indonesia yang membuat petisi untuk memberi dukungan kepada imigran asal Suriah tersebut.

“Anak berusia tiga tahun itu terbaring di pinggir pantai. Ia tak bangun walau ombak menyapu wajahnya. Ketika tubuhnya diangkat, ia sudah tak lagi bernyawa. Namanya Aylan Kurdi,” tulis pembuat petisi asal Indonesia, Dahnil Anzar, dalam rilis yang didapat Okezone, Kamis (10/9/2015).

Menurutnya, pengungsi Suriah adalah korban perang. Mereka melarikan diri dari kampung halaman karena tidak ada masa depan di sana. Karena itu, mereka coba menemukan harapan lagi di negara lain.
Pemimpin Uni Eropa (UE) dan PBB seharusnya mengambil tanggung jawab memberi perlindungan dan membantu para pengungsi, dan jangan memperlakukan mereka dengan kejam.

Dahnil mengatakan, masalah pengungsi Suriah adalah tentang kemanusiaan, bukan agama atau etnis.

“Para pemimpin UE harus menyambut mereka dan memperlakukan mereka sebagai manusia. Melalui permohonan ini, kami mendorong masyarakat dunia melakukan sesuatu dan memperhatikan masalah Suriah,” kata Dahnil.

“Tidak hanya UE dan PBB, kami berharap negara-negara Arab menaruh perhatian lebih untuk membuat perdamaian di jazirah Arab. Jangan diam melihat tetangga yang menderita,” tambahnya.(Ki)

%d blogger menyukai ini: