Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Noel Gallagher Kritik Sikap PBB Mengenai Pengungsi Suriah

Noel Gallagher Kritik Sikap PBB Mengenai Pengungsi Suriah

Pengungsi Suriah (foto Reuters)
Pengungsi Suriah (foto Reuters)

Sketsanews.com – Pemain gitar Oasis, Noel Gallaghe bersimpati kepada para pengungsi Suriah. Kakak dari Liam Gallagher ini menuding Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) harus bertanggung jawab mengenai hal tersebut.

Menurutnya selama ini PBB,hanya diam saja, belum menangani pengungsi secara serius. “Saya merasa, PBB hanya berdiam diri dan tidak memberikan pernyataan apa pun,” kata Noel, seperti yang dikutip dari NME pada Kamis (10/9).

Ribuan orang, termasuk banyak keluarga dengan anak yang masih kecil, meninggalkan Suriah karena konflik peperangan yang terjadi di sana dan berusaha masuk ke Eropa.

“Jika PBB hanya berdiam diri, Uni Eropa akan terpecah. Yang mendapat keuntungan dari situ hanyalah Presiden Rusia Vladimir Putin. Selama ini, ia seakan ingin membuat Uni Soviet bersatu kembali,” ujar Noel,

Selain itu, ia juga mengkritik pemerintah Inggris, Menurutnya, jumlah pengungsi yang diterima Inggris masih terlalu kecil.

Inggris Janji Tampung 20 Ribu Imigran Suriah dalam Lima Tahun
Inggris sebelumnya menyatakan tidak akan menerima pengungsi lagi. Namun baru-baru ini negara asal Noel itu mengatakan akan menerima sekitar 20.000 pengungsi hingga lima tahun ke depan.

Inggris sejauh ini hanya menampung 216 pengungsi Suriah di bawah skema relokasi PBB. Sekitar 5.000 warga Suriah lainnya yang telah pergi sendiri ke Inggris telah diberikan suaka.

Sekitar 20 ribu pengungsi Suriah yang akan diterima Inggris masih jauh jumlahnya dari yang harus ditanggung oleh negara Uni Eropa lain. Jerman, penerima pengungsi dengan jumlah terbanyak, diprediksi akan didatangi sekitar 800 ribu pengungsi pada tahun ini.
Cameron berada di bawah tekanan dari media dan negara Eropa lain untuk membantu imigran yang kini menyebabkan krisis pengungsian terparah di benua Eropa setelah Perang Balkan, pada 1990-an.

Bahkan surat kabar Inggris yang biasanya menentang peningkatan jumlah imigran, pekan lalu menyerukan Cameron untuk membiarkan lebih banyak pengungsi masuk setelah tersebarnya foto mayat balita Suriah yang terdampar di pantai Turki.

Noel bukanlah satu-satunya musisi yang buka suara mengenai pengungsi Suriah. Sebelumnya Bob Geldof mengatakan siap menampung empat keluarga pengungsi Suriah.

Bono “U2” juga memperingatkan, Eropa hanya akan tinggal nama jika para pemimpinnya berdiam diri menghadapi krisis pengungsi Suriah.(ki)

%d blogger menyukai ini: