Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Rusia Akan Terus Kirim Peralatan Militer ke Suriah

Rusia Akan Terus Kirim Peralatan Militer ke Suriah

Russian Foreign Minister Sergei Lavrov (L) arrives for a meeting with French Foreign Minister Laurent Fabius (unseen) ahead of their meeting with their German and Ukrainian counterparts at the foreign ministry's Villa Borsig at lake Tegel in Berlin, Germany September 12, 2015. REUTERS/Tobias Schwarz/Pool
Sketsanews.com – Rusia nampaknya tidak memperdulikan apa yang diutarakan oleh Amerika Serikat (AS), dan beberapa negara lainnya yang mengecam kebijakan mereka soal pengiriman peralatan dan penasihat militer ke Suriah. Ini terlihat dalam pernyataan terbaru yang dilontarkan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Lavrov, dalam pernyataannya memastikan bahwa pengiriman peralatan dan penasihat militer ke Suriah yang baru saja dilakukan Rusia bukan menjadi pengiriman terakhir. Rusia akan terus mengirimkan peralatan dan penasihat militer ke Suriah selama masih dibutuhkan.

Data yang dihimpun Sindonews.com, Lavrov mengatakan, “Memang ada peralatan militer dalam kargo yang dikirimkan Rusia ke Suriah, pengiriman ini sedang berlangsung dan akan terus berlanjut,” ujarnya, Minggu (13/9/2015).

Dia menambahkan, “Pengiriman peralatan militer ini juga akan disertai dengan pengiriman penasihat militer Rusia, yang memiliki tugas untuk membantu menyesuaikan peralatan, dan melatih personel Suriah bagaimana menggunakan persenjataan ini,” imbuhnya.

Itu merupakan bentuk penegasan Lavrov atas posisi Rusia di Suriah. Rusia merupakan salah satu mitra dekat Suriah di bawah pemerintahan Bashar al-Assad. Beberapa kali Rusia menegaskan bahwa selama Assad meminta bantuan, maka mereka akan membantu, apapun itu.

Diplomat senior Rusia itu juga sempat menekankan bahwa pengiriman peralatan dan penasihat militer bukan ditujukan untuk memperkuat militer Suriah, dan membantu mereka melawan pemberontak. Namun, hal tersebut dilakukan semata-mata untuk membantu Suriah melawan ISIS. (Su)

%d blogger menyukai ini: