Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Diperkirakan, 200-500 WNI Bergabung dengan ISIS di Suriah

Diperkirakan, 200-500 WNI Bergabung dengan ISIS di Suriah

diperk
Sketsanews.com – Sekretaris Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir mengungkapkan, ada ratusan warga negara Indonesia yang bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Modus yang digunakan para WNI yang hendak bergabung dengan ISIS adalah melakukan perjalanan wisata ke daerah di sekitar Suriah. “Kebanyakan tidak langsung pergi ke Suriah. Mereka ke negara lain dulu. Untuk mengelabui, alasan mereka umrah dan wisata,” ucap Abdul Rahman Kadir, Selasa (15/9/2015). Seperti dikutip dari laman Kompas.com.

Kadir menuturkan, berdasarkan penelusuran yang ada, muncul indikasi bahwa target paham ISIS diarahkan kepada anak-anak muda. Sebab, usia remaja adalah usia yang masih mudah dipengaruhi. “Mereka masih labil, secara agama belum juga matang. Diberi paham sedikit saja, mereka ikut,” ujarnya.

Dia juga mengakui, ada beberapa versi mengenai jumlah WNI yang bergabung dengan ISIS di Suriah. Namun, jika berkiblat pada data intelijen, ada 200 sampai 500 orang yang telah bergabung dengan ISIS di Suriah. “Data polisi ada 200, data intelijen sampai 500-an. Ya sekitar itu yang sudah ada di sana,” tegasnya.

Kadir menambahkan, tidak mudah melakukan pendataan tentang siapa saja WNI yang berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS. Salah satu faktor yang menyulitkan adalah karena para WNI itu tidak langsung masuk ke Suriah. “Oh ternyata ini orang Indonesia. Itu kita tahu setelah ada rilis korban meninggal,” pungkasnya.

Menurut Kadir, jaringan ISIS saat ini pun telah masuk ke Indonesia. Berdasarkan keterangan yang ada dari salah satu kelompok teroris di Poso, jaringan ISIS pun ada di beberapa daerah, seperti di Solo dan Makassar. (Su)

%d blogger menyukai ini: