Sketsa News
Home News Hotel Tempat Menginap Haji Indonesia Terbakar

Hotel Tempat Menginap Haji Indonesia Terbakar

Kebakaran itu terjadi di lantai delapan hotel Sakaf al-Barakah, yang ditempati oleh jamaah haji asal Jawa Tengah. (Sindonews)
Kebakaran itu terjadi di lantai delapan hotel Sakaf al-Barakah, yang ditempati oleh jamaah haji asal Jawa Tengah. (Sindonews)

Sketsanews.com Hotel Sakaf al-Barakah tempat menginap jamaah haji Indonesia terbakar. hotel yang terletak di utara Makkah tersebut merupakan pemondokan haji asal Solo Jawa Tengah.

Kebakaran terjadi di kamar nomor 810 milik jemaah haji asal Indonesia bernomor 403, Rabu pukul 23.30 waktu setempat. Api penyebab kebakaran diduga berasal dari rice cooker jamaah yg ditinggal umrah. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah, Dharma Kirty membenarkan adanya kebakaran hotel di Mekkah, yang ditempati oleh jamaah haji asal Indonesia. Kebakaran itu terjadi di lantai delapan hotel Sakaf al-Barakah, yang ditempati oleh jamaah haji asal Jawa Tengah.
 
“Berita tersebut benar adanya. Terjadi di sektor empat, Rumah 403 lantai delapan yang dihuni oleh jamaah haji asal Solo,” ujar Dharma melalui pesan singkat kepada Sindonews pada Kamis (17/9/2015).
 
“Kejadian berlangsung tadi malam di lantai delapan. Api diduga berasal dari rice cooker jamaah yg ditinggal umrah, yang bersangkutan baru saja tiba dan rencananya akan makan setelah umrah,” sambungnya.
 
Dia menuturkan, ketika jamaah tersebut tidak di kamar, seluruh kamar sudah hangus terbakar. Akhirnya, seluruh jamaah yang ada di lokasi dievakuasi ke hotel Holiday Inn Mekkah, dan otoritas Arab Saudi langsung mengeluarkan larangan untuk menghuni lantai delapan hotel tersebut,
 
Ketika disinggung adakah korban jiwa dalam insiden tersebut, Dharma menuturkan tidak ada korban jiwa. “Hanya dua orang jamaah haji asal Solo yabg alami sesak nafas karena menghirup asap. Sementara dirawat di BPHI,” imbuhnya.
 
Informasi senada juga diutarakan oleh Kepala Daerah Kerja Mekkah, Arsyad Hidayat ketika dihubungi Sindonws. Dirinya menuturkan, insiden itu terjadi semalam pukul 23.30 waktu setempat. Dalam keterangannya, Arsyad memberikan rincian lebih mengenai insiden itu.
 
Arsyad menuturkan, insiden itu terjadi di utara Mekkah, tepatnya di wilayah Aziziyah. Kamar yang terbakar, menurut Arsyad adalah kamar nomor 801, dan saat ini seluruh jamaah, kecuali penghuni lantai delapan sudah kembali ke hotel.
 
“Tadi siang sudah dapat kembali ke hotel asalnya. Sementara Jamaah yang tinggal di lantai delapan dipindahkan ke hotel baru di wilayah Mahbas Jin,” ucapnya.(Ki)

%d blogger menyukai ini: