Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Jokowi Hati-hati Pilih Dubes, Jangan Bikin Malu Indonesia

Jokowi Hati-hati Pilih Dubes, Jangan Bikin Malu Indonesia

jokowi-hati-hati-pilih-dubes-jangan-bikin-malu-indonesia-rTD
Sketsanews.com – Anggota Komisi I DPR, Sukamta mengingatkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar berhati-hati memilih Duta Besar (Dubes) RI. Hendaknya penilaian Komisi I terhadap 33 nama itu dijadikan sebagai bahan pertimbangan Jokowi dalam memutuskan.

Dia mengatakan, “Jangan sampai bangsa ini malu atau duta (dubes) tidak efektif karena sudah tidak bisa kerja optimal,” tutur Sekretaris Fraksi PKS itu saat dihubungi Sindonews.com, Sabtu (19/9/2015).

Sukamta menjelaskan, melihat hasil fit and proper test, dengan sangat menyesal harus diakui bahwa hanya 25 persen dari 33 calon itu yang benar-benar meyakinkan sebagai calon Dubes RI. Menurutnya, calon dubes lain masih belum meyakinkan, tapi jika mereka mau memperbaiki kemampuan tentu masih bisa lebih baik. “Kalau mau memperbaiki, masih bisa kalau agak dipaksa-paksakan,” jelasnya.

Namun, masih ada juga calon yang memang benar-benar tidak layak untuk menjadi perwakilan pemerintahan Indonesia di luar negeri. Sehingga, kemampuan mereka masih belum mumpuni sebagai Dubes RI meskipun sudah ada perbaikan dan pelatihan tambahan. “Yang bisa diperbaiki 50:50, yang parah banget itu sekitar sepertiga dari 33 calon,” tuturnya.

Meski diakui bahwa pemilihan dubes ini hak prerogatif presiden, tetapi dirinya meminta agar pendapat Komisi I benar-benar menjadi pertimbangan Presiden. “Jangan sampai duta besar luar biasa dan berkuasa penuh yang mewakili negara itu, dijabat oleh orang yang setelah dilakukan fit and proper test ternyata belum cukup layak,” pungkasnya. (Su)

%d blogger menyukai ini: