Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Tekno-Sains 225.000 Akun Apple dicuri Hacker China

225.000 Akun Apple dicuri Hacker China

XcodeGhost

Apple mengaku telah menghapus program berbahaya di sejumlah aplikasi iPhone dan iPad di Cina, yang dianggap sebagai serangan besar-besaran pertama terhadap AppStore.

Raksasa teknologi itu mengatakan peretas telah menanam kode perusak ke dalam aplikasi dengan memperdaya pengembang agar menggunakan perangkat lunak palsu dari perusahaan itu sendiri.

Program yang disebut XcodeGhost memungkinkan peretas untuk mengumpulkan data dari berbagai perangkat.
Banyak aplikasi yang terinfeksi itu digunakan oleh para pemilik iPhone dan iPad di Cina seperti WeChat yang sangat populer, aplikasi pengunduhan musik dan aplikasi penyewaan mobil ala Uber.

Seorang juru bicara Apple mengaku aplikasi perusak itu telah dihapus.
“Kami telah menghapus aplikasi yang kita tahu diciptakan dengan perangkat lunak palsu ini dari App Store,” kata juru bicara Apple, Christine Monaghan dalam sebuah email.

“Kami bekerja dengan para pengembang untuk memastikan mereka menggunakan versi yang Xcode yang seharusnya untuk membangun kembali aplikasi mereka.”

Awal bulan ini, nama login dan password untuk lebih dari 225.000 akun Apple dicuri oleh para maling siber di Cina.
Kasus ini diungkapkan oleh perusahaan keamanan Palo Alto Networks ketika menyelidiki aktivitas mencurigakan pada banyak perangkat Apple. Mereka menemukan “keluarga” perangkat lunak perusak yang menyasar iPhone yang tak terkunci.

Sebagian besar yang jadi korban adalah pengguna di Cina.(bbc)
(in)

%d blogger menyukai ini: