Sketsa News
Home Berita Terkini, News Soft Approach, Pendekatan Strategis BNPT

Soft Approach, Pendekatan Strategis BNPT

bnpt-imageby-inilah-com

Organisasi terorisme tak bisa dikalahkan hanya dengan membunuh anggotanya, menangkap para pendukungnya, atau memutus jaringan aktivitasnya. Untuk menanggulangi terorisme sampai ke akarnya, dibutuhkan langkah lebih jauh dan strategis dari itu.

BNPT sendiri selama ini memang menitikberatkan programnya pada metode soft approach dalam menanggulangi terorisme. Pendekatan ini lebih menekankan dialog dan silaturahmi ke berbagai lapisan masyarakat, bahkan kepada orang-orang yang terlibat dalam jaringan radikalisme dan terorisme. Upaya seperti ini diharapkan bisa memutus rantai kekerasan terorisme, dengan cara yang manusiawi.

Beberapa di antaranya, mengupayakan program rehabilitasi pada orang-orang yang pernah terpengaruh, membangun komunikasi dan keterlibatan pada berbagai komunitas masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigjen Pol. Hamidin, dalam Sosialisasi Pencegahan Terorisme yang diselenggarakan di Aceh pada hari ini (19/09)

“Terorisme tidak bisa dikalahkan hanya dengan membunuh, menembaki, menangkap para pendukungnya, atau merusak jaringannya,” ucap Brigjen Pol. Hamidin di depan ratusan peserta.

Ia menambahkan, “Dibutuhkan upaya komprehensif, terpadu dan strategis untuk menanggulangi ideologi terorisme sampai ke akarnya. Yang bisa dilakukan di antaranya adalah program rehabilitasi dan membangun komunikasi untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat.” (damailahindonesiaku)

(in)

%d blogger menyukai ini: