Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Korut Menuding AS Penyebab Utama Krisis Pengungsi Timur Tengah

Korut Menuding AS Penyebab Utama Krisis Pengungsi Timur Tengah

Para migran menunggu diangkut bus di Nickelsdorf, Austria, 14 September 2015. (Reuters)
Para migran menunggu diangkut bus di Nickelsdorf, Austria, 14 September 2015. (Reuters)

Sketsanews.com – Korea utara (Korut) menunjuk Amerika Serikat (AS) sebagai biang keladi krisis pengungsi yang kini membanjiri Uni Eropa Gelombang pengungsi yang membuat negara-negara maju di wilayah tersebut kelabakan mengurus puluhan bahkan hingga ratusan ribu orang pengungsi.

Menurut Korea Utara, perang melawan terorisme yang dimulai negeri Paman Sam pasca peristiwa 11 September 2001, telah menyebabkan kekacauan di hampir semua negara di Timur Tengah.

Perang, yang dimulai pada tahun 2001 “atas nama perang melawan terorisme yang dilakukan koalisi NATO pimpinan AS di Afghanistan, telah menyebabkan masalah pengungsi saat ini”, tulis harian nasional Korut, Rodong Sinmun, dalam sebuah artikel yang dipublikasikan Senin (21/09/2015).

Pasukan AS dan sekutunya menginvasi Afghanistan tahun 2001 lalu sebagai tindak lanjut dari kampanye perang melawan teror yang digaungkan oleh presiden AS saat itu George W Bush.

Pyongyang menyebut Washington sebagai “gembong pelanggaran hak asasi manusia”. Mereka menambahkan bahwa AS membantai orang-orang Timur Tengah dan menyebabkan wilayah tersebut jatuh ke jurang kehancuran. Demikian laporan UPI, dalam sebuah artikel berjudul “The author of the refugee crisis (in Europe) is the United States”.(Ki)

%d blogger menyukai ini: