Sketsa News
Home Berita Terkini, News Idul Adha 2015, tak ada presiden dan wapres salat di Istiqlal

Idul Adha 2015, tak ada presiden dan wapres salat di Istiqlal

Masjid Istiqlal Jakarta (foto pribuminews.com)
Masjid Istiqlal Jakarta (foto pribuminews.com)

Sketsanews.com – Ada yang menarik saat perayaan Idul Adha 1436 H kali ini. Baik Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, tidak berada di Jakarta untuk melakukan salat id di Masjid Istiqlal Jakarta. Jokowi memilih blusukan ke Kalimantan Selatan, sedangkan JK sedang berada di New York dalam rangka menghadiri sidang umum PBB.

Padahal, momen Idul Adha biasanya selalu diwarnai dengan penyerahan sapi kurban dari presiden untuk disembelih di Masjid Istiqlal dan dagingnya kemudian dibagikan kepada warga. Selama 10 tahun SBY menjadi presiden, peristiwa ini selalu berlangsung setiap tahun.

Tapi Presiden Jokowi memilih cara yang lain untuk merayakan Idul Adha bersama rakyat. Sejak Rabu (23/9) Jokowi bersama Ibu Iriana melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan. Jokowi ingin meninjau proses penanganan kebakaran hutan yang menyebabkan bencana kabut asap.

Dalam kunjungan ke Kalsel, Jokowi didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei.

Tadi malam Presiden bersama rombongan berada di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin untuk mengikuti takbiran. Dan hari ini, Kamis (24/9), Presiden Jokowi bersama rombongan akan melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Di masjid ini pula, Presiden akan menyerahkan hewan kurban secara simbolis.

Siang harinya, Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Medan, Sumatera Utara. Jokowi akan memantau pelaksanaan Penanganan pengungsi Gunung Sinabung kemudian melanjutkan perjalanan ke Provinsi Jambi untuk memantau perkembangan terakhir kebakaran hutan di kawasan Sumatera.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah bertolak ke New York, Amerika Serikat pada Selasa (22/9) lalu. JK dijadwalkan hadir dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. “Ya kan sidang umum PBB saya mewakili pemerintah, negara,” kata JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (22/9)(Ki)
sumber: merdeka.com

%d blogger menyukai ini: