Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Tekno-Sains Pasang Jebakan Batman di Facebook, Kuli Bangunan Nilep Milyaran

Pasang Jebakan Batman di Facebook, Kuli Bangunan Nilep Milyaran

Sketsanews.com. Walau hanya lulusan SD, AM(30) cukup lihai menipu korbannya yang eksis lewat media sosial. Aksinya cybercrimenya bermula dengan iklan lowongan kerja dan menyebarkan diberbagai grup facebook.

Dari beritapalu, Kasubdit II Eksus Ditreskrimsus Polda Sulteng, Kompol Wiryantono SIK, MH menyebutkan, AM adalah salah satu pelaku jaringan penipuan di media social yang banyak meresahkan warga, tidak hanya di Palu tetapi juga di seantero nusantara ini yang jumlah mencapai ratusan menjadi korbannya.

“Rata-rata setiap korban yang ditipunya menyerahkan dana sampai Rp 8 juta. Kalau ditotal, jumlah dana yang sudah dinikmati mencapai lebih dari Rp.1 miliar sejak beroperasi sekitar setahun ini,” ungkap Wiryantono di Mapolda Sulteng, Rabu (23/9/2015).

Wiryantono menjelaskan, modus operandi AM dalam menjalankan aksinya adalah membuat akun di facebook bernama Titan Wijaya. Dengan akun tersebut ia membuat iklan lowongan kerja fiktif dan menyebarnya di berbagai grup Facebook seperti Iklan Lowongan Pekerjaan Kota Palu. Iklan lowongan kerja itu mencatut sejumlah nama perusahaan besar seperti Donggi Senoro dan beberapa perusahaan besar lainnya berjumlah 24 perusahaan.

Saat men-share iklan tersebut, pelaku sudah menyiapkan alamat email untuk dihubungi. “Dari email tersebut, calon korbannya dihubungi kembali dan menyatakan bahwa yang bersangkutan sudah lolos secara administrasi dan akan dilanjutkan ke tahap seleksi berikutnya,” sebut Wiryantono.

Pada tahap berikutnya itu lanjutnya lagi, AM bersama sindikatnya sudah memasang perangkap dengan meminta biaya untuk beragam keperluan seperti biaya tiket dan akomodasi dan suransi untuk pelaksanaan tahapan tes berikutnya.

Ia menyebutkan, AM adalah bos dari sindikat tersebut. Masih ada tiga lagi peaku dalam jaringannya yang berhasil melarikan diri ketika akan disergap. Identitasnya katanya sudah diketahui dan saat ini sedang dalam pengejaran.

“AM tidak bekerja sendiri, ia dibantu oleh tiga rekannya. Jadi ada bagian yang secara khusus membuat dan membalas email, ada bagian yang membagikan iklan di grup facebook, ada bagian menarik uang dari ATM, termasuk ada bagian ticketing,” imbuhnya.

Penangkapan pelaku itu terungkap dari laporan sejumlah korban di Palu dan laporan dari sejumlah perusahaan atas aksi tersebut. Pelaku kemudian diidentifikasi dan ditangkap di Kabuaten Wajo, Sulsel.

Sejumlah barang bukti diamankan oleh aparat kepolisian seperti dua buah laptop, puluhan chip kartu seluler, kartu debit dari berbagai bank, buku tabungan, handphone berbagai merek dan sejumlah uang tunai.

Ia menghimbau warga yang sering berselancar di dunia maya agar lebih berhati-hati terhadap modus penipuan yang berkembang tersebut. Jika ada yang merasa tertipu, ia mempersilakan agar melaporkannya ke Polda Sulteng. (afd/beritapalu)

(in)

%d blogger menyukai ini: