Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Hampir 30.000 pejuang asing pergi ke Suriah dan Irak

Hampir 30.000 pejuang asing pergi ke Suriah dan Irak

Militan ISIS (foto Reuters)
Militan ISIS (foto Reuters)

Sketsanews.com – Intelijen Amerika Serikat menyebutkan bahwa hampir 30.000 petempur asing telah pergi ke Irak dan Suriah sejak 2011 dan kebanyakan bergabung dengan ISIS, lapor New York Times seperti dikutip AFP.

Jumlah tersebut, sudah termasuk para petempur Barat termasuk 250 orang Amerika itu dua kali lipat dari yang diperhitungkan semula oleh AS dan bakal mengkhawatirkan para perencana perang AS.

Sementara itu Perancis meluncurkan serangan udara pertama melawan militan Negara Islam di Suriah, Minggu (27/09). Perancis, yang selama ini hanya mengambil bagian dalam serangan di Irak, mulai melakukan pengintaian di Suriah awal bulan ini untuk mengumpulkan informasi tentang posisi negara Islam.

“Negara kami memiliki komitmen tegas untuk memerangi ancaman teroris dari Negara Islam. Kami akan menyerang setiap kali keamanan nasional kami dipertaruhkan,” kata juru bicara kepresidenan Perancis seperti dilansir dari Reuters.

Prancis mengatakan serangan tersebut dilakukan dengan menggunakan informasi yang dikumpulkan selama pengintaian dan telah diluncurkan dibawah koordinasi dengan mitra-mitranya.

Selain itu, Perancis juga menyerukan “solusi global” untuk krisis Suriah. Mereka mendukung inisiatif utusan khusus PBB, Staffan de Mistura untuk bekerja selama masa transisi politik. Sabtu, 26 September, Menteri Luar Negeri Prancis, Laurent Fabius mengatakan bahwa Bashar al-Assad tidak bisa memainkan peran dalam transisi politik, setelah begitu banyak kematian di tangan pemerintah.(Ki)

%d blogger menyukai ini: