Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Obama Akui Buat Kesalahan di Libya

Obama Akui Buat Kesalahan di Libya

Obama mengaku telah membuat sebuah kesalahan kala AS melakukan operasi di Libya New York September 28, 2015. (REUTERS)
Obama mengaku telah membuat sebuah kesalahan kala AS melakukan operasi di Libya New York September 28, 2015. (REUTERS)

Sketsanews.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama membuat pengakuan langka saat memberikan pidato di Sidang Umum PBB. Dirinya mengaku telah membuat sebuah kesalahan kala AS melakukan operasi di Libya.
 
Seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (29/9/2015), Presiden AS keturunan Kulit hitam itu, menuturkan dirinya tidak mempertimbangkan gejolak politik paska lengsernya dikator Libya Moamar Khadafi.
Paska lengsernya Khadafi, Libya memang terkurung oleh konflik baru yang diakibatkan oleh perebutan kekuasaan antar dua kelompok.
 
“Bahkan ketika kita membantu rakyat Libya mengakhiri pemerintahan tiran, koalisi kami seharusnya bisa dan harus berbuat lebih banyak dalam mengisi kekosongan yang ditinggalkan,” ujar Obama dalam pidatonya.
 
Di kesempatan yang sama, Obama juga menyerukan kepada komunitas internasional untuk sama-sama bekerja lebih keras dan memastikan kondisi di Libya tidak bertambah buruk. “Kita harus memastikan kondisi Libya tidak meledak di masa depan,” sambunnya.
 
AS merupakan negara yang memimpin koalisi internasional yang melakukan serangan ke Libya untuk melengserkan Khadafi. Usaha AS dan sekutunya itu berhasil. Namun paska lengsernya Khadafi, dua partai besar di Libya mulai berebut kekuasaan, yang membuat negara itu terjebak dalam perang saudara.

source: //international.sindonews.com/read/1048939/42/obama-akui-buat-kesalahan-di-libya-1443518377

%d blogger menyukai ini: