Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Penyebab Tragedi Mina Ternyata Karena Ulah Syiah

Penyebab Tragedi Mina Ternyata Karena Ulah Syiah

Penyebab-Tragedi-Mina-sketsanews

Sketsanews.com – Tahapan prosedur penyelidikan Penyebab Tragedi Mina tahun 2015, sejumlah saksi mata di lokasi kejadian menyatakan, ternyata insiden mina diawali karena Ulah Syiah Iran dengan melewati dan juga menerobos rute jamaah lainnya seraya mengampanyekan ide revolusi Syiah Iran. segerombolan Manusia sesat menolak diatur ketika diminta kembali menuju rute yang telah ditentukan.

Pejabat Keamanan di Saudi Arabia menyatakan bahwa penyebab insiden Mina 1436 H disebabkan ulah jamaah haji dari Iran tidak me-ngikuti rute yang telah ditentukan pemerintah Saudi Arabia. Ini senantiasa terjadi tiap tahun.

“Jama’ah Haji Syiah dari Negara Iran tidak mendengarkan dan juga mengabaikan instruksi lalu bentrok dengan kita dan juga meneriakkan slogan-slogan revolusi sebelum terjadinya insiden, ” ungkap Seorang pejabat keamanan Saudi seperti mana dikutip website Sabq. org.

Banyak saksi mata mengungkap bahwa, mereka sering menyaksikan jamaah haji Syiah dari Iran mempropagandakan apa yang mereka sebut selaku “Revolusi Islam Khomeini” kepada jamaah haji dari negara yg lain. “Mereka juga kerap mengambil keuntungan dengan memprovokasi jama’ah haji agar bentrok (terjadi) antarjamaah dan pasukan keamanan Saudi Arabia. ”

Sementara Wakil Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdallahaan, menyatakan, bahwa memang pemerintah Saudi harus bertanggungjawab atas kecelakaan ini. Dia menyatakan, Kementerian Luar Negeri Iran hendak memanggil resmi Dubes di Arab Saudi di Teheran untuk menyampaikan protes Iran dan juga meminta penjelasan yang diperlukan mengenai penyebab insiden, demikian lansir Salam-Online, Jum’at (25/9).
Ramai di Twitter, Ternyata Penyebab Tragedi Mina Karena Ulah Syiah

Penyebab Tragedi Mina

Pemakai Twitter di Arab Saudi semenjak kemarin meramaikan hastag “Kejadian Saling Desak di Mina” untuk mensupport Kerajaan Saudi Arabiya dari kritikan sembunyi tangan atau kritikan pedas Iran pasca meninggalnya lebih dari 700 jamaah haji dan juga lebih dari 800 lainnya terluka akibat saling berdesakan di Mina.

Mereka menyatakan bahwa pemerintah Arab Saudi telah berusaha secara maksimal dalam hal pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Mereka menegaskan, bahwa ternyata memang Iran dan juga milisi Syiah Hizbullah berada di balik penyebab tragedi mina 2015 tersebut.

Pemakai twitter dengan User “Aiman Thaha” menyatakan bahwa, “64 ribu gerombolan jama’ah Syiah Iran dan juga Hizbullah menyelinap kedalam rombongan dari Afrika untuk membikin jamaah di Mina saling berdesakan. ”
Sedangkan Abdullah al-Fiqi menyarankan agar menanti hasil investigasi, di mana dia juga tidak menafikan keterlibatan Iran dalam peristiwa tersebut.

“Apa yang ada di balik peristiwa menyedihkan ini ialah sebuah agenda busuk karena ulah segerombolan Manusia sesat. Dan juga kita bakal akan menanti hasil penyelidikan. Dendam Syiah Rafidhah tidak lagi tersembunyi dan juga sejarah mereka di musim-musim haji amatlah buruk, ” demikian ditulis Yanair.net.

Adapun Nasif al Fitrah, membemarkan bahwa memang Penyebab Tragedi Mina Karena Ulah Syiah yang mengambil rute balik, “Kemungkinan ini terjadi sebab ulah gerombolan pengacau dari Iran. ”

Sedangkan akun Sami az Zahrami berkomentar, “Peristiwa yang terjadi adalah pelajaran bagi pemerintah Saudi Arabia, jua agar pemerintah tidak menggubris celaan orang-orang yang suka mencela, dan juga menjadi lebih sigap lagi dalam berkhidmat.

Sekte Syiah di Iran juga memanfaatkan musibah ini dengan menyerang pemerintahan Saudi Arabia. Sejumlah media berafiliasi Syiah baik Media di Indonesia maupun Internasional menuduh kehadiran rombongan konvoi Pengeran Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud di pusat Mina dituding selaku penyebab tragedi Mina yang menewaskan ratusan peziarah di pinggiran kota Makkah. Diantara Media Syiah tersebut adalah ABNA14 dan juga Harian Libanon, al-Diyar.

Pejabat keamanan Saudi dikutip Kantor Kabar Saudi, mengutip sejumlah saksi mata di lokasi tragedi Mina tersebut menyatakan, ternyata memang insiden direncanakan oleh jamaah haji dari Iran untuk melewati dan juga menerobos rute jamaah lainnya seraya berkampanye mengenai ide revolusi Iran.

“Jama’ah dari Negara Iran tidak mendengarkan dan juga mengabaikan instruksi lalu bentrok dengan kita dan juga meneriakkan slogan-slogan revolusi se-belum terjadinya insiden, ” ungkap pejabat keamanan Saudi.

Putra Mahkota Saudi sekaligus Menteri Dalam Negeri, Amir Muhammad bin Nayif menggelar rapat darurat bersama dengan pihak keamanan yang bertanggung jawab dalam prosedur perjalanan ibadah haji.

Saudi Arabia masih mencari penyebab terjadinya tragedi yang menelan korban jiwa yang diberitakan telah mencapai 717 jiwa, demikan lansir Al Arabiya. Agar tidak simpang siur, hendaknya masyarakat Internasional menanti informasi resmi temuan pemerintah Saudi terkait Penyebab Tragedi Mina tahun 2015 ini.

Sumber : idjoel.com

  • musa al akbar

    kalo mau demo politik, mestinya bukan ditempat ibadah! Semoga Allah SWT memberikan petunjuk bagi orang2 yang tersesat.

%d blogger menyukai ini: