Sketsa News
Home Berita Terkini, News Pemalsu KTP, SIM, Ijazah Hingga Surat Tanah Dibekuk Polda Kalbar

Pemalsu KTP, SIM, Ijazah Hingga Surat Tanah Dibekuk Polda Kalbar

Sketsanews.com – Pembuat KTP, SIM, tiket Pelni, Buku Nikah, sertifikat tanah, dan akta kelahiran palsu dibekuk Polda Kalimantan Barat pada selasa (29/9/2015).

Kapolda Kalbar, Brigjen Arief Sulistyanto, mengatakan Sindikat yang diotaki Ej alias Pie (45), juga melibatkan tersangka SF (27) dan Ham (38) sebagai perantara pemesan dokumen kepada Pie.

“Diamankan pelaku, Selasa (29/9) sekitar pukul 23.00 WIB, oleh Tim Resmob Polda Kalbar di Kompleks Gerbang Permata Asri, Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur,” kata Arief, Jumat (2/10).

Arief menjelaskan dokumen yang dipalsukan oleh tersangka EJ mirip asli. Pemalsuan dokumen tersebut dibuat dengan menggunakan komputer serta peralatan lainnya dan juga 73 stempel palsu dari berbagai instansi dari berbagi kabupaten di Indonesia.

Terbongkarnya sindikat pemalsuan dokumen itu, kata Arief, atas laporan yang masuk ke Tim Resmob Polda Kalbar, yang mendapat info bahwa di rumah Pie diduga sebagai tempat pembuat berbagai pemalsuan dokumen.

Polda Kalbar dalam hal ini meminta bantuan dari Puslabfor Mabes Polri untuk pemeriksaan keaslian dokumen, pelacakan perolehan bahan-bahan berupa kertas dan hologram dengan digital forensic Bareskrim Mabes Polri.

Sementara itu, tersangka Pie mengatakan pemalsuan dilakukan sejak tiga bulan lalu. Dalam kurun waktu tersebut, Pie mengaku baru mendapat pesanan untuk satu BPKB serta satu sertifikat tanah.

Untuk membuat dokumen palsu itu, tersangka Pie mematok harga bervariasi, mulai dari Rp 25 ribu hingga ratusan ribu rupiah. (kriminalitas)

(in)

%d blogger menyukai ini: